Kasus Covid-19 Masih Tinggi, PPKM Garut Diperpanjang

97
0
radartasikmalaya.com
ilustrasi covid-19/ radartasikmalaya.com
Loading...

TAROGONG KIDUL – Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa dan Bali resmi diperpanjang selama dua pekan oleh pemerintah pusat yakni hingga 8 Februari 2021.

Perpanjangan PPKM dilakukan, karena angka penularan Covid-19 tidak menunjukan penurunan.

“Saya baru tahu informasi itu (perpanjangan) dari media, kalau suratnya resminya belum menerima,” ujar Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman kepada wartawan, Jumat (22/1).

Helmi mendukung jika PPKM diperpanjang. Sebab saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Garut tidak menunjukkan penurunan. “Kasus positif setiap harinya masih ditemukan, belum ada tren menurun (penyebaran Covid-19),” ujarnya.

Baca juga : Kakek & Cucu Hangus Terbakar di Bayongbong Garut

loading...

Helmi menerangkan dengan adanya perpanjangan PPKM, warga wajib mematuhi peraturan dalam PPKM.

“Kami minta masyarakat untuk tertib dan mematuhi protokol kesehatan, seperti 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak),” katanya.

Dia mengatakan dalam penanganan pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Garut terus berupaya agar penyebaran Covid-19 bisa menurun. Salah satu yang dilakukan, dengan menambah ruang perawatan dan isolasi di rumah sakit sebanyak dua kali lipat dari jumlah sekarang yang disiapkan.

Seperti di RSUD dr Slamet dan RSUD Pameungpeuk, ruang isolasi dan perawatannya ditambah dua kali lipat atau bertambah 130 tempat tidur. “Penambahan ini dilakukan untuk antisipasi jika terjadi outbreak, karena potensi outbreak ini diperkirakan akan terjadi setelah adanya perayaan tahun baru beberapa waktu lalu,” terangnya.

Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Garut Yeni Yunita mengatakan berdasarkan data yang diterima hingga Kamis (21/1), angka kasus positif Covid-19 saat ini mencapai 5.401 kasus. Dari jumlah tersebut 720 kasus isolasi mandiri, 483 kasus isolasi dan perawatan di rumah sakit, 4.029 kasus sembuh dan 169 kasus meninggal dunia. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.