Kasus Covid-19 Tetap Tinggi & Zona Merah, Kota Tasik Bisa PSBB

172
0
Ilustrasi PSBB
Loading...

KOTA TASIK – Penambahan kasus positif covid-19 di Kota Tasik masih terus bertambah dan tinggi.

Tak ayal, Zona Merah pandemi Covid-19 pun tetap melekat di Kota Santri ini.

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, Senin (28/12) kemarin telah mengumumkan zonasi pandemi Covid kota dan Kabupaten se-Jabar.

“Iya memang perkembangan kasus masih terus terjadi (penyebab Kota Tasik tetap di zona merah, Red),” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Tasik, Ivan Dicksan kepada wartawan, Selasa (29/12) sore.

“Belakangan ini di wilayah kita memang lebih tinggi penambahan kasus (pasien terkonfirmasi positif) daripada angka kesembuhan,” sambungnya.

Loading...

Terang Ivan yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasik ini, pihaknya hingga kini terus berusaha melakukan berbagai langkah antisipasi penyebaran Covid.

“Kita terus berusaha, salah satunya melakukan pembatasan-pembatasan. Meski kita tak ingin melakukan pembatasan yang lebih ketat lagi,” terangnya.

Walaupun demikian, tambah Ivan, pembatasan wilayah diperketat lagi seperti jam operasional malam tutup jam 20.00 WIB, pertumbuhan ekonomi juga harus tetap berjalan.

“Kita sadar ekonomi harus tetap berjalan. Ke depan, kita terus imbau ke masyarakat untuk terus disiplin prokes sambil menunggu vaksin. Hanya itu yang bisa kita lakukan sekarang,” tambahnya.

Disinggung apakah ada opsi akan melakukan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tim Satgas tak mengharapkan hal itu. Walaupun kasus positif masih terus terjadi.

“Mudah-mudahan kita sudah mengerti seperti apa PSBB walaupun kami tak mengharapkan hal itu. Namun kita juga belum tahu, karena tracing terus dilakukan,” jelasnya.

Namun, tegas dia, tak menutup kemungkinan jika kasus terus mengalami lonjakan fantastis, PSBB akan kembali dilakukan.

“Untuk PSBB kan harus konsultasi dengan provinsi. Kalau provinsi memberi arahan, kajian provinsi seperti apa, itu yang kita lakukan. Karena untuk langkah PSBB harus ada pemberitahuan ke pemprov dan persetujuan pusat juga,” pungkasnya.

Hingga Selasa sore, total kasus positif Covid telah mencapai 2105 kasus. Dengan kasus aktif 908 kasus, 78 orang sembuh, 1 meninggal. Dan hari ini terjadi penambahan kasus positif baru 28 orang.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.