Kasus Hamil Mendadak Lalu Lahiran di Puspahiang Tasik, Ini Kata Medis..

520
0

KOTA TASIK – Kasus hamil mendadak lalu lahiran, seperti yang terjadi di Puspahiang Tasik, disebut Kehamil Samar atau dalam istilah medis adalah cryptic pregancy.

Kasi Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya, dr Reti Zia mengungkapkan, kasus melahirkan anak tanpa merasakan kehamilan pernah terjadi dalam dunia medis.

“Peristiwa ini muncul satu dari ratusan kasus kehamilan. Dalam istilah kehamilan ada yang namanya cryptic pregnancy. Ada juga kasus mola atau kehamilan anggur,” ungkap kepada Radar.

Kehamilan samar adalah ketika seorang perempuan hamil tetapi tidak menyadari kehamilannya, karena gejala kehamilan yang sangat halus.

Kehamilan samar juga tidak bisa terdeteksi melalui USG. Oleh karena itu, para ibu harus mengetahui gejalanya agar bisa mempersiapkan kehamilan dengan tepat.

Dari berbagai laman tentang keilmuan medis, kebanyakan dari perempuan yang mengalami kehamilan samar disebabkan karena ketidakseimbangan hormon, beberapa dari mereka juga disebabkan karena psikologis.

Loading...

Faktor yang menyebabkan kehamilan samar:

– Sindrom Ovarium Polikistik.
Kondisi ini dapat membatasi kesuburan perempuan yang membuat ketidakseimbangan hormon, dan menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur

Rimenopause

Waktu ketika perempuan mengalami kemajuan yang menunjukkan gejala menopause sehingga membuat sulit mendeteksi kehamilan.

Pil KB atau Alat Kontrasepsi

meskipun menggunakan KB atau alat kontrasepsi lainnya dikatakan efektif untuk mencegah kehamilan, namun ada beberapa kasus ketika Mama bisa hamil walaupun sedang menggunakan alat kontrasepsi.

Lemak Tubuh Rendah

Kondisi ini bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur selama berbulan-bulan. Atlet biasanya lebih berdampak memiliki kadar hormon rendah dan sulit untuk mendeteksi kehamilan.

Stres

Ketika gaya hidup semakin menurun, perempuan lebih mudah terkena tekanan yang membuat dirinya stres dan kadar hormon menjadi rendah. Hal ini juga bisa menjadi penyebab terjadinya kehamilan samar.

Gejala Umum Kehamilan Samar :

– Masa seperti pendarahan saat hamil. Namun, kejadian ini akan berumur pendek tetapi cukup menyerupai siklus menstruasi yang teratur.

– Gejala khas seperti mual dan muntah sangat ringan dan mudah keliru untuk kondisi lain.

– Janin akan hadir seperti kehamilan normal, namun janin biasanya akan terletak di belakang rahim menuju tulang belakang.

– Meskipun ada gerakan di dalam rahim, itu sangat mirip seperti adanya gas yang diterima perut.

– Kenaikan berat badan yang lambat namun pasti. Serupa dengan orang hamil pada umumnya, biasanya kehamilan samar juga akan mengalami naiknya berat badan namun lebih lambat.

Pencegahan Kehamilan Samar :

– Harus mengetahui mengapa mestruasi menjadi tidak teratur.

– Jika sudah begitu, segeralah konsultasikan hal ini pada dokter kandungan untuk pemeriksaan menyeluruh.

(rezza rizaldi)

Berita terkait :
HEBOH.. Warga Puspahiang Tasik Hamil 1 Jam, Lalu Bayinya Lahir
Bapaknya Kaget.. Anak Mendadak Hamil 1 Jam Kemudian Lahirkan Bayi
Warga Mandalasari Puspahiang Tasik Mendadak Hamil Lalu Lahiran, Ini Kata Kades..
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.