Kasus Pokir DPRD Garut, Awal Maret Kejari Mulai Periksa Saksi

204
0
USAI WAWANCARA. Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Garut Deni Marincka saat diwawancara Radar di ruang kerjanya Kamis (27/2).

TAROGONG KIDUL – Kejaksaan Negeri (Kejari) Garut akan segera menindaklanjuti kasus dugaan korupsi pokok-pokok pikiran (pokir) di DPRD Kabupaten Garut.

Saat ini Kejari Garut masih melakukan penelaahan terhadap perkara dugaan korupsi di lingkungan DPRD Garut ini.  “Awal Maret ini kita sudah mulai melakukan pemeriksaan orang-orang yang ada kaitannya dengan perkara ini,” ujar Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Garut Deni Marincka di ruang kerjanya Kamis (27/2).

Baca juga : Anggota Denpom lll/2 Garut Gagalkan Peredaran Miras di Ciawi dan Cibatu

Menurut dia, dalam waktu dekat ini, hasil penelaahan akan dilanjutkan dengan dikeluarkannya surat perintah penyelidikan. Setelah itu,  perkara akan terus ditindaklanjuti dengan pemeriksaan saksi.

“Penanganan kasus pokir ini akan dimulai dari nol lagi. Kita akan panggil lagi anggota dewan dan para pejabat yang ada kaitan dengan perkara ini,” katanya.

Deni berjanji akan membuka tabir dalam kasus dugaan korupsi ini. Dirinya tidak akan menutup-nutupi hasil penyelidikan yang dilakukannya.

Loading...

“Kalau memang ada yang salah, kami sebut salah. Kalau tidak ada, ya akan dihentikan. Makanya butuh waktu untuk kembali memeriksa,” ujarnya.

Menurut dia, penanganan kasus pokir ini akan sesuai dengan laporan pengaduan dari masyarakat. “Laporan pengaduan itu bukan hanya soal pokir. Tapi ada BOP (biaya operasional) dan reses. Ketiganya akan kami selidiki,” katanya.

Dalam penyelidikan sebelumnya, kasus pokir hanya fokus di tahun anggaran 2017 dan 2018. Namun, Deny mengaku akan memeriksa dari tahun 2014 hingga 2019 atau satu periode DPRD Garut.

Tak hanya anggota dewan periode 2014-2019 yang akan diperiksa menjadi saksi. Namun beberapa pihak lain juga akan ikut diperiksa. “Nanti lihat perkembangannya. Siapa saja yang akan dipanggil. Yang jelas kami serius menangani perkara ini,” ucapnya.

Deny menambahkan, dalam satu hari akan ada beberapa orang yang langsung diperiksa. Ia tak memiliki target waktu penyelesaian. Namun akan sesegera mungkin diselesaikan. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.