Kasus Positif Corona di Kota Tasik Tambah Lagi 1, PSBB Belum Diputuskan

1646
0

KOTA TASIK – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan mengakui, hingga Sabtu (12/09), Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) belum diputuskan akan diberlakukan lagi.

Meski dalam 3 hari terakhir kasus positif Covid di Kota Tasik terus terjadi. Bahkan, hari ini total kasus positif Covid berdasarkan informasi yang radartasikmalaya.com himpun bertambah 1 pasien. Total menjadi 60 kasus positif.

Rinciannya; 4 pasien positif karantina diketahui dari hasil uji simptomatik dan 8 pasien positif yang masih dikarantina dari hasil tes asimptomatik.

“Hasil rapat kita semalam bahwa karena kasus positif meningkat, jadi bagaimana kita mengedukasi masyarakat agar terus mentaati protokol kesehatan,” katanya kepada radartasikmalaya.com saat dihubungi melalui ponselnya.

Namun, terang dia, tim gugus memutuskan belum sampai harus PSBB. Hanya saja memang tim patroli di bidang operasi akan melakukan tindakan lebih tegas.

“Jadi di lapangan pada saat ada aktivitas-aktivitas yang melanggar protokol maka langsung ditindak dalam rangka mengedukasi masyarakat,” terangnya.

Jadi, tambah Ivan yang juga Sekda Kota Tasik ini, kalau di satu lokasi ada kerumunan masa tak patuh protokol kesehatan maka bidang operasi bisa menutup dan membubarkan massa.

“Ini untuk memberikan pemahaman bahwa protokol harus ditaati. Dan hari ini ada penambahan lagi kasus positif. Clusternya adalah pelaku perjalanan. Makanya tim kita ke kelurahan, RT dan RW mulai memperketat serta melakukan pendataan agar lebih hati-hati,” tambahnya.

Pasalnya, jelas Ivan, ada kemungkinan pasien yang baru terkonfirmasi positif ini bisa jadi cluster keluarga. Namun dipastikan pihaknya yang bersangkutan tertular setelah melakukan perjalanan ke zona merah pandemi Covid-19, Jakarta.

“Kita belum membatasi lalu lalang war

ga kita yang keluar kota. Karena faktor ekonomi juga jadi pertimbangan kita karena baru berjalan. Tapi harus konsisten menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

Berita Terkait :
Kasus Positif Covid-19 Melonjak, Pemkot Tasik Siapkan 40 Ruang Isolasi Baru
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.