Kasus Pungli SMPN Kota Banjar Dilimpahkan ke APIP

104
0

BANJAR – Ketua UPP Saber Pungli Kota Banjar Ade Najmulloh menyebut perkara dugaan pungli salah satu pegawai sekolah kini dilimpahkan ke Inspektorat Kota Banjar.

“Hasil rapat Pokja Yustisi UPP Saber Pungli Kota Banjar yang diselenggarakan pada Kamis (18/6) di Sekretariat UPP Saber Pungli Kota Banjar, bahwa perkara dugaan pungli di salah satu SMPN di Banjar diputuskan untuk dilimpahkan kepada APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah). Dengan demikian UPP Saber Pungli Kota Banjar sudah tidak menangani lagi perkara tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya dia menjelaskan bahwa OTT yang dipimpin Ketua Penindakan Satgas Saber Pungli Kota Banjar dilakukan berdasar aturan yang jelas. Kata dia, Saber Pungli tidak akan gegabah melakukan penangkapan.

Baca Juga : Gaya Hidup Warga Kota Banjar dengan Masker

Terpisah, Ketua Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Kota Banjar Kukun Abdul Syakur Munawar SH, MH berharap persoalan yang terjadi di salah satu SMP Negeri di Kota Banjar itu tidak harus berkepanjangan. Ia menilai persoalan itu dapat diselesaikan dengan konsep restorative justice.

Keadilan Restoratif, kata dia, yakni penataan kembali sistem pemidanaan yang lebih adil, baik bagi pelaku, korban maupun masyarakat.

Loading...

“Kasus tersebut tergolong sederhana dan ringan namun bisa dibayangkan jika berlanjut hingga ke persidangan, tentu akan membutuhkan biaya operasional, sarana dan prasarana serta tenaga personel dari masing-masing institusi yang tergabung dalam sistem peradilan pidana (criminal justice system) mulai kepolisian, kejaksaan dan pengadilaan,” kata Kukun.

Sudah saatnya, kata dia, optimalisasi penanganan perkara pidana dengan pendekatan restorative justice dapat diterapkan sebelum dan pada setiap tahapan sistem peradilan pidana dengan melibatkan para pihak (korban dan pelaku) serta seluruh stakeholder terkait, yakni aparat penegak hukum, instansi pemerintah daerah terkait dan tokoh masyarakat, termasuk organisasi masyarakat sipil.

Baca Juga : Usai OTT, Pihak SMPN Kota Banjar Kembalikan Pungutan, Ini Kata Tim Saber Pungli..

“Dengan begitu, diharapkan efektivitas penegakan hukum untuk mewujudkan ketertiban umum dan memenuhi rasa aman serta hak atas keadilan bagi setiap warga negara yang pada gilirannya anggaran negara dapat digunakan seefisien mungkin dan dioptimalkan pada program pembangunan yang lebih tepat,” kata dia.

Sementara itu, sebelumnya pihak SMP Negeri Kota Banjar telah mengembalikan uang pungutan kepada orang tua siswa secara bertahap.

“Hasil rapat dengan komite, kami kembalikan uangnya kepada orang tua siswa secara bertahap,” kata Kepala Sekolah SMP Negeri berinisial AHG. (cep)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.