Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Kasus Rutilahu Ditangani Pidana Khusus Kejaksaan

19
0

BANJAR – Dugaan kasus penyalahgunaan anggaran dalam program rutilahu di Desa Batulawang, Kelurahan Sukamukti dan Kelurahan Pataruman tahun 2016 kini ditangani pidana khusus (pidsus) Kejaksaan Negeri Kota Banjar.

Hal tersebut dikatakan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Banjar Gunadi melalui Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Kota Banjar Feri Nopiyanto.

“Ya, sudah dilimpahkan ke kami (pidsus). Saat ini prosesnya masih pengumpulan keterangan dari para penerima bantuan rutilahu, juga permintaan keterangan dari pihak pengusaha toko bangunan yang menyuplai bahan bangunan dari penyaluran bantuan tersebut,” kata Feri di ruang kerjanya Rabu (9/10).

Ia mengatakan kasus tersebut lumayan rumit dan membutuhkan personel yang cukup. Sebab untuk menghitung kerugian negara pihaknya harus turun melakukan pemeriksaan ke rumah masing-masing penerima bantuan di tiga desa itu.

Pihaknya pun kemudian meminta bantuan Inspektorat Banjar melakukan audit dan menghitung jumlah kerugian negara.

“Dalam pengungkapan kasus ini, auditor harus mendatangai satu persatu rumah atau warga yang menerima bantuan. Jumlahnya banyak dan tersebar di tiga desa. Kita berharap Inspektorat mau melakukannya,” kata Feri.

Feri menjelaskan belum ada pihak yang diduga sebagai tersangka karena proses audit belum dilaksanakan. “Nanti jika hasil audit sudah ada, baru kita bisa menentukan siapa tersangkanya,” kata dia. (cep)

loading...