Kaum Homo Dominasi HIV/AIDS di Kota Tasik, Sebagian Menyerah..

277
0
*) Sumber: Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya
Loading...

Jumlah pasien penderita HIV/AIDS yang ditangani RSUD dr Soekardjo bertambah setiap tahunnya. Beberapa pasien dinilai menyerah dan enggan untuk melanjutkan pengobatan.

Berdasarkan data dari RSUD, jumlah kasus baru yang ditangani RSUD dr Soekardjo sampai pertengahan tahun tercatat ada 68 orang. Angka tersebut bertambah dari beberapa tahun sebelumnya dengan total 333 kasus (2016 – 2020).

Setiap tahunnya, pasien temuan HIV/AIDS di RSUD dr Soekardjo selalu mengalami penambahan. Di lima tahun terakhir, tahun 2020 ini terbilang penambahan cukup signifikan dan terjadi di awal tahun.

Kabid Pelayanan RSUD dr Soekardjo, H Dudang Erawan Suseno mengatakan pihaknya membuka layanan pemulihan untuk penderita HIV/AIDS. Teknisnya dari mulai secara medis sampai psikis.

Baca juga : TB Care Muhammadiyah Bentuk Masyarakat Peduli TB di Tamansari Kota Tasik

Loading...

“Secara umum ada pengobatan dan motivasi supaya penderita punya semangat hidup,” ungkapnya kepada Radar, kemarin.

Selain itu, pihaknya secara berkala memberikan edukasi kepada keluarga termasuk pasien. Hal ini guna mencegah terjadi penularan dan menjaga psikologi pasien.

“Tapi tahun ini agak sulit karena sedang pandemi Covid-19,” terangnya.

Diakui H Dudang, beberapa pasien yang berhenti untuk berobat ke RSUD dr Soekarjo. Alasan mereka beragam dari mulai pindah domisili sampai memang malas berobat.

“Ada memang yang berhenti karena malas minum obat,” tuturnya.

H Dudang mengingatkan pandemi ini, bukan berarti penyakit atau virus lain bisa dianggap sepele. Termasuk virus HIV/AIDS yang tetap harus diwaspadai dengan pola hidup sehat dan wajar. “Tapi bukan berarti pasiennya dijauhi,” katanya.

Sebagaimana diketahui, penularan HIV/AIDS biasanya terjadi akibat pola hidup yang tidak wajar. Di antaranya seks bebas, seks sesama jenis dan penggunaan jarum suntik sembarangan.

“Jadi ya hidup sewajarnya saja,” tuturnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.