Beranda Rakyat Garut Kaum Muda Jangan Apatis

Kaum Muda Jangan Apatis

59
BERBAGI
DISKUSI PUBLIK. puluhan anak muda mengikuti diskusi publik di Cafe Hangout, Garut, Rabu (8/8). (Yana Taryana / radartasikmalaya.com)

TAROGONG KIDUL – Puluhan anak muda di Kabupaten Garut mendapatkan pendidikan politik gratis dari pengamat politik nasional Herzaky M Putra.

Kegiatan yang dikemas lewat diskusi publik bertema Pemimpin Muda di Pentas Politik Nasional dilaksanakan di Cafe Hangout, Garut, Rabu (8/8).

Siapa presiden pilihan mu nanti di 2019 ?

Pengamat Politik Jakarta itu memberikan informasi pentingnya pendidikan politik bagi kaum muda terutama pemilih pemula.

“Kaum muda harus melek politik, jangan apatis, karena kekuatan kaum muda sangat besar sekali,” ujarnya.

Dia menganalisa dalam pilpres dan pileg tahun depan, l suara kaum muda mencapai 40 persen atau sekitar 94 juta dari total sekitar 196,5 juta pemilih.

“Kalau mereka apatis kan sangat disayangkan,” terangnya.

Saat ini, kata dia,  sumbangsih suara kaum muda mencapai 86 juta, angka itu belum termasuk 7,5 juta suara pemilih pemula yang diprediksi ikut mencoblos tahun depan.

“Kenapa harus melek politik? agar mereka jangan dibohongi, lakukan chek and rhicek,” terangnya

Maka pendidikan politik sangat penting, bukan saja mengetahui tatanan ke­bangsaan namun juga di­harapkan mampu memberikan masukan bagi kemajuan bangsa.

“Berpolitik itu tidak hanya bertujuan merebut kekuasaan, tapi mengawal pembangunan,” ungkapnya.

Arif, salah satu peserta diskusi publik mengaku tercerahkan dengan pengetahuan politik yang disampaikan narasumber. Menurutnya, potensi kaum muda memang cukup besar dalam kancah politik nasional.

Meskipun dirinya belum begitu antusias menekuni politik secara intens.

“Nanti ada waktunya, tapi saya memperhatikan perkembangan politik nasional terkini,” ujar salah satu pelajar di kabupaten Garut itu. (yna)

loading...