Kawasan Unsil Banjir dan Banjir, Pemerintah Mana?

348
0

TAWANG – Hujan deras mengguyur Kota Tasikmalaya, sore tadi, hingga mengakibatkan banjir ke jalan.

Seperti yang terjadi jalan Siliwangi, tepatnya di perempatan BKR-Peta hingga di depan Unsil, Kota Tasikmalaya. Di kawasan tersebut ternyata menjadi langganan banjir setiap hujan deras.

Menurut salah satu pedagang di kawasan Unsil, mamat (43), banjir di kawasan lampu merah hingga Unsil sudah langganan. “Apalagi didepan unsil, itu yang paling parah, dan lama surutnya,” katanya kepada Radar, Rabu (20/03).

Mamat menduga, salah satu penyebab banjir adalah, akibat banyaknya bangunan didirikan tanpa mempedulikan lingkungan, terutama saluran air.

“Kalau dulu kan banyak persawahan, terutama di kawasan BKR, jadi air hujan itu langsung mengalir ke sawah,” katanya.

Mamat berharap, masyarakat sekitar bergotong royong, saling membantu dan menjaga lingkungan. Selain itu pemerintah juga harus memperbaiki jalur-jalur saluran air yang mampet.

Warga lainnya, Dede (52) mengatakan, banjir yang terjadi di depan unsil, diakibatkan oleh jalan utama yang terlalu bawah dari saluran air dan banyaknya sampah yang masuk gorong-gorong.

“Air semua mengumpul di jalan dan mengalir ke saluran menuju BKR. Sedangkan gorong-gorong menuju ke BKR itu, kondisinya tidak terlalu dalam. Ya bagaimana mau mengalir kalau kondisi seperti itu dan jalan utama juga terlalu rendah, jadi air tersebut meluber ke jalan utama,” ujarnya.

Dede berharap kepada dinas terkait untuk segera memperbaiki saluran-saluran. “Agar tidak terjadi lagi banjir,” harapnya.

Di tempat lain, di Jalan Cicurug juga banjir kerap terjadi banjir dan selalu terulang.

[anshari]

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.