KCD Wilayah XII Tasikmalaya: Guru Profesional di Tengah Pandemi Harus Bisa TIK & Bahasa

27
0
Dr Abur Mustikawanto MEd Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya

TASIK – Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya Dr Abur Mustikawanto MEd berpesan kriteria guru profesional dalam pembelajaran di tengah Covid-19 yaitu, harus bisa menggunakan teknologi komunikasi dan informasi (TIK) dan mahir bahasa asing.

Karena belajar melalui digital untuk mewujudkan pembelajaran abad ke-21 yaitu; kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis dan kreatif.

”Kemampuan TIK dan bahasa Inggris wajib dikuasai guru agar membangun peradaban pembelajaran digital dalam memberikan ilmu pengetahuan dan pengalaman kepada siswa,” kata Abur kepada Radar, Selasa (6/10).

Jangan sampai, kata dia, guru hari ini adanya yang masih buta huruf jilid kedua, Artinya tidak bisa TIK dan bahasa Inggris. Itu berdampak pada pembelajaran daring.

“Khawatirnya siswa tidak maksimal menerima ilmu pengetahuan saat belajar dari rumah. Selain itu guru tersebut bisa tertinggal karena masih gagap teknologi dalam pemanfaatan media pembelajaran,” ujarnya.

Selain teknologi, ia meminta agar guru mahir bahasa Inggris. Karena semua teknologi pembelajaran kebanyakan menggunakan bahasa asing.

“Guru sekarang minimal mengetahui bahasa Inggris saat menggunakan aplikasi pembelajaran,” kata dia.

Agar guru semuanya terampil menggunakan teknologi dalam pembelajaran daring, saat ini ia menyarankan agar guru masih ”tradisional” bisa belajar kepada guru yang andal teknologi dalam pembelajaran daring.

“Maka perlunya adanya integrasi antar guru. Jadi jangan dikucilkan bagi guru yang belum bisa tapi harus saling membantu agar bisa belajar TIK,” ujar dia. (riz)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.