Kebakaran Hanguskan Rumah Wawan

172
0
HABIS TERBAKAR. Rumah panggung milik Wawan ludes terbakar pada Sabtu (28/4).

CIAMIS – Rumah panggung ukuran 10 x 6 meter milik pasangan suami istri Wawan Setiawan (45) dan Edah Jubaedah (40) terbakar.

Peristiwa itu terjadi di Dusun Sukajadi Desa Winduraja Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis Sabtu (28/4) sekitar pukul 16.00.

Mursad (40), tetangga korban menuturkan sore itu dia mendengar warga berteriak ada kebakaran.

Ia pun bergegas ke luar rumah dan mendapati asap hitam sudah mengepul di atas rumah Wawan. Api sudah melahap bagian atap.

Saat itu rumah dalam keadaan kosong. Pemiliknya tengah pergi ke kebun. Mursad pun segera berlari mengambil ember dan mengambil air dari kolam ikan.

Ia dan warga lain berjibaku memadamkan api, namun gagal. Api tetap menyala dan menghabiskan seisi rumah Wawan. Kini, pemilik rumah mengungsi di rumah saudaranya.

“Meskipun masyarakat banyak, namun api sudah besar dan menghanguskan rumah serta isinya. Jadi, tidak ada satu pun harta benda yang terselamatkan,” ujar Mursad saat dihubungi Radar, Minggu siang (29/4).

Paur Humas Polres Ciamis Iptu Hj Iis Yeni Idaningsih menuturkan hasil penyelidikan serta keterangan saksi, penyebab kebakaran diduga berasal dari hubungan arus pendek listrik.

Diduga ada kabel terkelupas atau digigit tikus yang menyebabkan munculnya percikan api dan membakar rumah.

“Karena kebanyakan kebakaran penyebab koslet listrik, kita imbau masyarakat agar gunakan kabel yang memang SNI. Bila memang sudah lama, rutin lakukan pengecekan dan adanya penggantian,” imbaunya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis Ani Supiani mengatakan pihaknya telah memberi bantuan sembako kepada Wawan.

Bantuan itu bersifat sementara. Selain sembako, BPBD juga memberikan peralatan dapur, paket lauk pauk, terpal dan paket perlengkapan sekolah anak.

“Untuk sementara korban nginap di rumah saudaranya. Upaya kita tentunya membantu meringankan beban korban, serta selalu mengimbau masyarakat untuk selalu waspada , karena kebakaran bisa kapan saja terjadi,” katanya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.