Kebutuhan Beras 57.121 Ton/ Tahun

35

TAWANG – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tasikmalaya mencatat kecukupan beras Kota Tasikmalaya sebanyak 57.121 ton setiap tahunnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Ir H Abu Mansyur MSi mengatakan kebutuhan kecukupan beras dalam satu tahunnya untuk Kota Tasikmalaya mencapai 57.121 ton. Kebutuhan itu belum tercukupi oleh produksi beras di Kota Tasikmalaya yang hanya 49.032 ton dalam satu tahun.

“Tentu kebutuhan dalam satu tahun itu masih kurang dari 8.089 ton dalam satu tahunnya,” kata Abu kepada Radar Kamis (13/2).

Menurut dia, untuk memenuhi kecukupan kebutuhan beras di Kota Tasikmalaya itu, sejauh ini masih didatangkan dari kota dan kabupaten terdekat, seperti Banjar, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis. “Karena swasembada beras ini masih belum di Kota Tasikmalaya,” tutu dia.

Dengan begitu, pemerintah terus berupaya untuk menjadi swasembada beras itu, selain terus melakukan konektivitas dengan kota dan kabupaten lain, juga menciptakan peraturan lahan basah berkelanjutan. “Karena dimungkinkan Kota Tasikmalaya ini lahan pertaniannya akan berkurang itu dilihat dari visi Kota Tasikmalaya yakni menuju ke industri perdagangan, tentu untuk menciptakan itu harus ada alih fungsi lahan,” kata Abu.

Abu berharap saat ini Perda Lahan Berkelanjutan itu harus diselesaikan supaya ada lahan pertanian yang memang tidak dialihfungsikan. Karena untuk Kota Tasikmalaya saat ini hanya memiliki 5000 hektare lahan basah. “Rencananya memang untuk lahan berkelanjutan itu hanya 800 hektare harus segera ditentukan,” tandasnya. (ujg)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.