Kecamatan Dituntut Bentuk Kelompok Informasi

19

SINGAPARNA – Guna mencegah informasi hoaks, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tasikmalaya menggelar sosialisasi kelompok informasi masyarakat (KIM) di Aula Wiradadaha Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

“KIM ini menjadi benteng menangkal informasi hoaks. Sehingga tidak ada isu yang simpang siur yang membuat resah masyarakat,” ujar Kepala Diskominfo Kabupaten Tasikmalaya Hj Nia Kurniati SH MSi saat dihubungi Radar, Senin (12/8).

Kata dia, KIM dapat membantu mewujudkan masyarakat menjadi lebih inovatif dalam meningkatkan nilai tambah melalui pendayagunaan informasi dan terciptanya komunikasi dua arah. “Ini merupakan timbal balik antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat informasi yang madani,” katanya.

Setelah sosialisasi ini, lanjut dia, kecamatan harus segera membentuk KIM. Selain menangkal hoaks, KIM juga dapat berperan menghadapi Era Industri Digital 4.0. “Saat ini penyebaran informasi semakin masif. Maka dari itu, KIM memiliki tugas pokok akses informasi, diskusi tentang informasi, implementasi, networking, diseminasi informasi dan advokasi aspirasi,” ujarnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.