Kecelakaan Cikidang Akibat Rem Bermasalah

3

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SUKABUMI – Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jabar AKBP Sukarto mengatakan kondisi kendaraan diduga ada masalah saat di SPBU Cikereteg ketika perjalanan dari Kemang menuju Sukabumi.

Dugaan tersebut lantaran, ada perbaikan yang diperkirakan dari permasalahan fungsi rem. “Menurut korban luka ringan mobil sempat berhenti di SPBU Cikereteg ada perbaikan. Setelah itu mobil berangkat lagi menuju cek poin di Lido,” ujarnya di Sukabumi, Minggu (9/9).

Setelah cek poin, mobil kembali melaju menuju Palabuhan Ratu. Namun di sekitaran TKP terdapat jejak pengereman pertama. Setelah itu, tak ada lagi jejak pengereman.

“Jejak pengereman ini diduga proses melambatkan kendaraan dengan brake engine dan menurunkan perseneleng. Hasil olah TKP pun perseneleng berada di gigi dua atau rendah,” ucapnya.
Terkait olah TKP hari jni, belum ada hasil. Sebab, proses olah TKP-nya menggunakan alat terbaru. “Kami belum bisa memberikan lebih lanjut terkait oleh TKP hari ini. Nanti hasilnya bisa dua minggu,” ungkapnya.

Hasil olah TKP sendiri, nantinya akan dikoordinasikan dan kerjasama dengan intansi terkait. Hal itu untuk tindak lanjut pasca terjadinya laka lantas yang menonjol. “Pada pelaksanaannya akan meminta saran intansi lain, tentu saja untuk lebih sempurna,” pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, kecelakaan terjadi di Kampung Bantar Selang, Cikidang, Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada pukul 12.03, Sabtu (8/9/).

Sebuah bus pariwisata terjun ke jurang sedalam 30 meter. Bus nahas bernopol B 7025 SAG itu mengangkut rombongan Catur Putra Raya dari Bogor menuju Bravo Adventure Sukabumi. Bus yang sengaja disewa untuk liburan gathering itu tak sendirian, ada lima bus dan beberapa kendaraan pribadi lainnya yang jalan beriringan.

Berdasarkan keterangan resmi dari pihak Polres Sukabumi yang diterima, posisi bus tersebut berada di rombongan terakhir. Ketika melintas di turunan tajam letter S, bus tersebut meluncur ke jurangan sedalam 30 meter.

Diduga karena mengalami rem blong, sehingga sopir bus tidak dapat mengendalikan laju kendaraannya tersebut. Sehingga kecelakaan di Cikidang ini merupakan kecelakaan lalu lintas tunggal.

Dari insiden tersebut, dikabarkan 14 orang meninggal dunia, sedangkan puluhan lainnya luka-luka. Saat ini korban ditangani di Rumah Sakit Sekarwangi. (izo/dp/ps)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.