Rugi, Apabila Tak Mengisi Jabatan Wakil Bupati

218
0
Loading...

SINGAPARNA – Batas keharusan pengisian jabatan wakil bupati tinggal satu bulan lagi. Walaupun sudah kedaluwarsa, jabatan tersebut masih bisa diisi dengan kebijakan partai pengusung. Hal itu diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin kepada Radar, Jumat (22/3).

Kata dia, dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah, jabatan wakil bupati yang kosong diwajibkan diisi apabila sisa masa jabatannya lebih dari 18 bulan. Setelah itu, posisi orang nomor dua di kabupaten ini tidak diharuskan diisi. Namun, masih bisa dilakukan pengisian atas dasar keinginan partai pengusung.

“Jadi persoalan wabup ini dikembalikan lagi kepada partai pengusung yang mempunyai hak. Apakah kekosongan jabatan ini akan diisi atau tidak,” ujarnya.

Kata dia, apabila jabatan wabup tidak diisi pun tak ada sanksi untuk pemerintah daerah. Aturan tersebut hanya petunjuk bagi partai pengusung untuk mengisi jabatan wabup. “Dalam pasalnya tidak dicantumkan poin sanksi kepada pemerintah daerah apabila tidak mengisi jabatan wabup,” terangnya.

Maka dari itu, lanjut dia, apabila partai pengusung tidak mengusulkan cawabup, yang rugi bukan pemerintah daerah, melainkan koalisi. Karena, mereka yang mempunyai hak dalam pengisian jabatan ini.

Loading...

“Bupati atau DPRD juga mau memproses bagaimana, kalau sampai saat ini partai pengusung belum menentukan keputusan, akan mengusulkan siapa dua nama calon wakil bupati,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Kabupaten Tasikmalaya, Ir Zaenal Purkon MSi menjelaskan pemerintah daerah tidak akan mendapatkan sanksi soal tidak diisinya wakil bupati. Tapi, partai pengusung yang akan rugi, karena sudah diberikan hak untuk mengusulkan wabup.

Lanjut dia, saat ini pemerintah daerah dan bupati masih menunggu keputusan dari partai pengusung, PAN, PKS dan PDI Perjuangan soal jabatan ini.

“Kita menunggu, apakah pengusung akan mengusulkan cawabup atau tidak. Karena sampai sekarang belum ada kejelasan sama sekali,” tandasnya.(dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.