Kedua Kalinya, Situs Pemkab Diretas

43

PARIGI – Peretasan situs pemerintah kembali terjadi di Pangandaran, kali ini giliran situs bappeda.pangandarankab.go.id yang diretas. Sebelumnya situs Pemkab Pangandaran juga sempat jadi bulan-bulanan hacker beberapa waktu lalu.

Sekretaris Bappeda Kabupaten Pangandaran Oki Daria Masturi mengakui situs milik Bappeda telah di hacker oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. ”Iya tampilanya jadi berubah, background-nya jadi warna hitam,” terangnya kepada Radar, Senin (1/10).

Menurut dia, aksi hacker tersebut tidak membahayakan database situs tersebut, hanya tampilannya yang berubah. ”Jadi admin masih bisa mengakses dan situs itu segera diperbaiki,” terangnya.

Oki mengatakan pengelolaan situs dilakukan oleh pihak Bappeda. ”Situs ini dikelola oleh pihak kita, mungkin ke depan bisa terintergrasi dengan pihak Kominfo,” jelasnya.

Kabid E-Government Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Pangandaran Benny, sebelumnya situs Pangandarankab.go.id juga sempat diretas seharian. ”Tapi saat itu langsung diperbaiki,” ucapnya.

Untuk itu, kominfo akan membuat website sebagai data center dari seluruh instansi atau SKPD di Kabupaten Pangandaran. ”Jadi dikelolanya oleh Kominfo, tapi saat ini masih terbentur oleh anggaran, jadi belum teralisasi,” katanya.

Selain itu peningkatan SDM untuk pengelolaan website pemerintahan akan ditingkatkan. ”Kalau sekarang kita mengakui, SDM masih sangat kurang,” tegasnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.