Kejari Ciamis Berupaya Selesaikan Dugaan Korupsi di Ciamis

60
0
ilustrasi
Loading...

CIAMIS – Kejaksaan Negeri Kabupaten Ciamis terus berupaya dalam mencegah terjadinya tindak pidana korupsi yang merugikan negara. Maka dari itu akan terus dilakukan berbagai upaya, mulai dari pencegahan sampai pinandakan.

Hal itu diungakapkan Kajari Kabupaten Ciamis Yuyun Wahyudi SH MH kepada wartawan, Kamis (28/1).

Kata dia, pencegahan korupsi memang sangat penting untuk dilaksanakan dalam menyelamatkan uang negara. Pencegahan atau upaya preventif ini jauh lebih baik dari pada harus selalu dengan penindakan. Karena tidak selalu penyelamatan uang negara dari tindak pidana korupai ini harus dengan penindakan hukum, melainkan bisa dengan pencegahan dari awal.

“Dalam pencegahan ini, semua fungsi yang ada di kejaksaan seperti datun, intel, pidsus dan lainnya akan dimaksimalkan dalam pencegehan tindak pidana korupsi. Pencegahan ini dengan upaya pendekatan terlebih dulu, kalau masih bisa dibina dan mengembalikan kerugian kenapa tidak diselesaikan. Tapi kalau memang tidak mau dibina dan tak bisa mengembalikan ya kita tindak tegas,” ujarnya.

Baca juga : Korban Retakan Tanah di Ciamis Bakal Terima Bantuan Material

loading...

Yuyun mengaku akan menerapkan sistem saat dirinya masih menjabat di Donggala. Dengan metode itu banyak uang negara berhasil dikembalikan.

“Saya akan coba di Ciamis konsep seperti itu. Kami mohon doa dan dukungan untuk bisa melaksanakan tugas sebaik mungkin dalam peneyelamatan keuangan negara dan pencegahan tindak pidana korupsi,” ujarnya.

Kemudian, dia pun menyoroti kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengadaan finger print pada 2017 yang belum terungkap. “Kejari Ciamis mempunyai tunggakkan mengenai dugaan kasus korupsi finger print. Makanya saya langsung panggil pidsus untuk menanyakan soal kasus tersebut, karena perkara ini sudah dari 2017-2021 belum terungkap,” katanya.

“Saya akan membentuk tim lagi untuk penanganan dan mengungkap kasus ini. Tentunya ini harus segera diselesaikan, apakah naik atau berhenti tetap harus ada putusan,” katanya. (isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.