Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

88.5%

3.1%

0.3%

5.9%

0%

1%

0%
Dugaan Korupsi Pokir dan Bop Masih Didalami

Kejari Sudah Memeriksa 150 Orang

16
0
ilustrasi

TAROGONG KIDUL – Kejaksaan Negeri (Kejari) Garut terus melakukan pendalaman terhadap kasus dugaan korupsi dana pokok pikiran (pokir) dan bantuan operasioal (Bop) DPRD Kabupaten Garut. Sejauh ini penyidik Kejari Garut sudah memeriksan 150 saksi.

Kepala Kejari Garut Azwar SH, MH mengatakan saksi-saksi yang diperiksa terdiri dari pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut dan anggota DPRD Garut periode 2014-2019. “Kalau anggota dewan sudah delapan orang yang dimintai keterangan. Sisanya penjab di lingkungan Pemda Garut dan pihak ketiga,” kata dia kepada wartawan di ruang kerjanya Selasa (10/9).

Meski sudah banyak saksi yang diperiksa, namun pihaknya masih terus melakukan pendalaman dan pemeriksaan saksi untuk mengungkap apakah ada penyimpangan dalam pokir dan Bop atau tidak. “Intinya kami target akhir bulan ini (November) penyelidikan harus selesai. Kalau ada (penyelewengan) dilanjut, kalau tidak dihentikan,” katanya.

Azwar mengatakan banyaknya saksi yang diperiksa karena kasus tersebut diduga melibatkan banyak orang. Harus ada keterangan detail dari setiap orang yang mengetahui masalah tersebut. “Sejauh ini (penyelidik) belum ada yang bilang kesulitan. Mereka hanya bilang sedang didalami,” ujarnya.

Dalam penyelidikan, pihaknya cukup berhati-hati. Pasalnya perkara yang ditangani tersebut cukup kompleks. “Soal ada anggota dewan yang dipanggil lagi atau tidak, tergantung penyelidik. Tapi kalau yang tidak terlibat buat apa dipanggil,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Aliansi Masyarakat dan Pemuda Garut (AMPG) Ivan Rivanora mendesak Kejari Garut terus menuntaskan kasus dugaan korupsi di DPRD Garut. “Kami akan terus memantau kasus penanganan pokir dan Bop ini sampai Kejari Garut melakukan ekspose di Kejati Jabar guna meningkatkan pada tahap proses penyidikan,” ujarnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.