Kelaikan Kendaraan Masih Bermasalah

23
PENGECEKAN. Petugas Dishub Provinsi Jabar mengecek bus wisata di Kabupaten Pangandaran Kamis (20/12). (Deni Nurdiansah / radartasikmalaya.com)

PANGANDARAN – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat beserta Polres Ciamis dan Subdenpom Banjar melaksanakan ramp check bus pariwisata yang memasuki kawasan wisata Kabupaten Pangandaran.

Koordinator Penguji Kendaraan Bermotor Dishub Provinsi Jawa Barat Enjang Kusmana mengatakan ramp check tersebut merupakan kegiatan rutin, untuk memastikan laik tidaknya kendaraan tersebut.

”Ramp check ini meliputi pemeriksaan fisik kendaraan seperti fungsi rem kendaraan, lampu-lampu dan fungsi mesin secara umum,” tuturnya kepada Radar, Kamis (20/12).

Ia menuturkan pengecekan sangat penting, karena menyangkut keselamatan penumpang atau wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran.

”Kami menemukan beberapa pelanggaran, ada yang bermasalah pada administrasi atau surat-surat, ada juga yang bermasalah dengan teknis mesin,” terangnya.

Menurut dia, kebanyakan yang ditemukan adalah pelanggaran administrasi dan mereka pun langsung ditilang.

”Sementara yang bermasalah kelaikan jalan kendaraan, terpaksa mobilnya kami tahan,” tuturnya.

Selain kelaikan jalan, dan hal administrasi ada beberapa bus melakukan pelanggaran trayek. ”Seperti bus trayek Cimerak-Cilacap yang malah disalahgunakan pariwisata,” katanya.

Lanjut dia, lokasi pengecekan dilakukan di dua beberapa tempat seperti pasar wisata dan terminal Pangandaran. ”Selain di Pangandaran, kami juga lakukan pengecekan di beberapa daerah di Jawa Barat,” terangnya.

Kasatlantas Polres Ciamis AKP Agoeng Ramdhani mengatakan ramp check meminimalisir terjadinya laka lantas saat libur natal dan tahun baru nanti. (den)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.