Kelapa Ciamis Favorit Negara Asia

328
0
EKSPOR. Kelapa asal Kabupaten Ciamis diekspor oleh CV Insan Perkasa Mandiri ke berbagai negara. IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Kelapa asal Kabupaten Ciamis berhasil menembus pasar internasional. Buah serbaguna itu diekspor oleh CV Insan Perkasa Mandiri ke berbagai negara: Dubai, Thailand, India, Pakistan, dan negara-negara Amerika Utara seperti Kanada.

Direktur CV Insan Perkasa Mandiri (IPM), Ridwan M Ichsan menceritakan dirinya mengawali usaha jual beli kelapa pada 2003 sebagai supplier. Modalnya kurang dari Rp 50 juta. Dia memasok kelapanya ke pengusaha minyak dan kopra di wilayah Priangan Timur (Priatim).

Seiring berjalannya waktu, pada 2015, Ridwan mulai menemukan agen dan buyer kelapa dari berbagai negara di Asia. Pada tahun itulah ekspor kelapa pertama ke luar negeri mulai dijalankan. “Saat pengalaman saya pertama mulus melakukan pengiriman,” tutur pengusaha yang akrab disapa Iwan itu.

Saat ini, CV IPM mampu mengekspor sekitar 14 kontainer—40 kontainer kelapa ke Thailand, Dubai, India, Pakistan dan Kanada per bulan. Untuk satu kontainer berisi 27 ton kelapa. “Saya bersyukur hingga dapa omzet perusahaannya Rp miliar sampai dengan Rp 2,5 miliar satu bulannya,” ujar dia.

Hal yang masih menjadi kendala dalam mengembangkan usahanya masih pada stok kelapa. Ketersediaan kelapa dari Ciamis belum mencukupi sehingga harus mendatangkan dari Banjar dan Pangandaran. Meskipun sudah mendatangkan dari tiga daerah, kebutuhan kelapa belum cukup. CV IPM pun mulai mencari kepala ke Sumatera dan Sulawesi.

Menurut dia, tanam kelapa itu cukup menjanjikan. Apalagi kelapa dari Ciamis sudah tersebar hingga ke luar negeri. Maka dari itu, masyarakat harus memanfaatkan peluang tersebut. “Saya harap banyak petani kelapa di Ciamis sehingga Kabupaten Ciamis mampu menjadi sentra kelapa lagi,” harapnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.