Beranda Edukasi Kelas CI Fasilitasi Anak dengan Bakat Istimewa

Kelas CI Fasilitasi Anak dengan Bakat Istimewa

165
BERBAGI

TASIK – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ga­lunggung membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) Cerdas Istimewa (CI) angkatan ke lima tahun ajaran 2018/2019.

Koordinator Pelaksana Program CI Rudi Nuryadi MPd mengatakan kelas CI ini memfasilitasi siswa yang memiliki kecerdasan, keterampilan, minat dan bakat istimewa.

“Ini menjadi peluang bagi anak yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata agar lebih optimal. Jadi salah satu kriteria siswa bisa masuk kelas CI ini adalah dia yang memiliki IQ di atas rata-rata minimalnya 130,” terang Rudi Kamis (5/4).

Dia mengatakan untuk pelaksanaan tes, pihaknya melakukan kerja sama dengan Laboratorium Psikologi UPI Bandung.

Ada tiga tes yang bakal dilakukan. Diantaranya tes IQ, tes komitmen atau ketertarikan terhadap tugas dan tes kreativitas.

“Di samping siswa memiliki IQ di atas 130, syarat lain untuk masuk kelas CI ini juga harus ada surat izin orang tua, juga ada surat rekomendasi dari kepala sekolah,” katanya.

Rudi menuturkan peserta didik yang masuk kelas CI cenderung daya tangkap dan pemahaman terhadap bahan ajar lebih cepat.

Sehingga pemberian pembelajaran disesuaikan. “Oleh karena itu untuk memegang kelas CI ini sudah ada guru khusus yang sudah mendapat pendidikan bagaimana mengajar anak dengan kebutuhan khusus atau profesional,” ungkap Rudi. (ais)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.