Kelas Nyaman Dongkrak Motivasi Belajar

4

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Dadaha Kota Tasikmalaya mendorong peserta didik untuk menjaga kelas agar tetap bersih, indah dan dekorasi yang menarik. Kelas yang terawat bisa meningkatkan se­mangat dalam belajar.

Kepala SDN Dadaha Tasikmalaya Hj Aning Rosdiana SPd MPd mengatakan, menjaga kebersihan dan keindahan kelas merupakan bagian dari program 3P yakni Penampilan, Pelayanan dan Prestasi. 3P ini terus dioptimalkan untuk menuju sekolah ramah lingkungan.

“Konsep 3P ini harus diutamakan agar terwujudnya sekolah ramah lingkungan, sehingga semua warga sekolah sadar akan kebersihan dan keindahan lingkungan,” terang Aning kepada Radar, Senin (8/10).

Guru kelas SDN Dadaha Yutep SPd menuturkan, setiap hari Senin guru yang menjadi pembina upacara selalu mengingatkan kepada peserta didik untuk menjaga kebersihan dan keindahan kelas. Makanya, setiap kelas ada petugas yang membersihkan kelas dan hampir semua kelas juga didekorasi.

“Mungkin kelihatannya sepele, tapi ini menjadi pembiasaan untuk anak, karena saat usia SD jarang sekali anak beres-beres di rumahnya,” ujarnya. Menjaga kebersihan dan keindahan kelas juga menjadi bagian dari upaya menghindarkan siswa dari berbagai macam penyakit, di samping menjadi lebih nyaman belajar.

Untuk meningkatkan semangat dalam menjaga kebersihan dan keindahan kelas, SDN Dadaha juga pernah melaksanakan lomba keindahan dan kebersihan kelas pada moment Agustusan.

“Sementara ini lombanya masih disesuaikan dengan moment tertentu, rencananya memang ingin dirutinkan, karena dari pembiasaan ini juga melatih anak mandiri dan kreatif,” ungkapnya.

Pemenang lomba diberikan tropi bergilir, sehingga memotivasi siswa untuk berlomba-lomba menjaga keindahan serta kebersihan kelas. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.