Kelola Buku dengan Sistem Digital

87
0

TASIK – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tasikmalaya menerapkan sistem layanan digital dalam pengelolaan buku dan layanan terhadap pengunjung. Hal itu diungkapkan Kasi Pengembangan Perpustakaan Asep Ridwan kepada Radar, Rabu (20/2).

“Aplikasi yang kita gunakan Integrated Library Information System Lite (Inlislite). Program ini dirancang oleh Perpustakaan Nasional untuk semua perpustakaan di seluruh Indonesia. Hadirnya perpustakaan digital berperan penting dalam melahirkan banyak inovasi terhadap layanan perpustakaan dengan lebih baik,” ujarnya.

Kata dia, inlislite merupakan program aplikasi yang berfungsi sebagai sarana pengelolaan data perpustakaan berbasis teknologi informasi. Program ini dikembangkan secara resmi oleh Perpustakaan Nasional dalam rangka menasionalkan perpustakaan di masyarakat.

“Kemudian aplikasi ini juga membantu upaya pengembangan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi di seluruh Indonesia,” bebernya.

Lanjut dia, dengan dukungan sistem digital diharapkan makin memudahkan masyarakat dalam mengakses koleksi buku di perpustakaan. Selain itu, aplikasi ini juga bisa melihat jumlah pinjaman buku dan kunjungan ke perpustakaan. “Kita juga bisa mengetahui ada berapa jumlah anggota perpustakaan yang mendaftar dan sering meminjam buku,” bebernya.

Tak hanya sistem, kata dia, pihaknya juga akan membuat program-program supaya masyarakat semakin cinta untuk datang dan membaca buku di perpustakaan, sehingga masyarakat semakin pintar. Saat ini, jumlah koleksi buku di perpustakaan mencapai 60.000. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.