Kelompokkan Etnis di Kota Tasik Harus Sinergis

117
0
Istimewa SALAM KOMANDO. Plt Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf berjabat tangan dengan Ketua Himabata M Ricardo F Marpaung di Gedung Veteran Kamis Siang (29/10).

TAWANG – Plt Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf mendorong eksistensi kelompok etnis yang ada di Kota Resik. Kontributif dan sinergis dengan sejumlah program pembangunan yang digulirkan. Supaya, kehadiran ragam masyarakat bisa mewarnai belantika pembangunan di daerah.

Hal itu diungkapkan usai menghadiri Pelantikan Pengurus Himpunan Masyarakat Batak Tasikmalaya (Himabata). Yusuf mengapresiasi estapeta organisasi itu terus berlanjut periode ke periode.

Dia mendorong eksistensi organisasi etnis ini mengambil peranan penting di tengah masyarakat.

“Meski merupakan etnis dari luar Jawa Barat, tetapi mereka merupakan orang Tasik. Saya berbangga organisasi semacam ini eksis dan terus berlanjut,” tuturnya usai pelantikan di Gedung Veteran, Kamis (29/10).

Menurutnya, etnis lain yang membentuk organisasi serupa, baik yang terhimpun di Forum Pembauran Kebangsaan atau berdiri secara mandiri. Diharapkan bisa menyinergikan gerakan dan programnya, dengan program dan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah.

“Sehingga aspek kontributif masyarakat atas pembangunan itu, benar-benar terlaksana atas kerjasama dan dorongan masyarakat dari berbagai kalangan,” kata Yusuf.

“Saya titip pesan pengurus bisa jalankan program yang menyentuh masyarakat, supaya beriringan dengan program kami di pemerintahan,” sambungnya.

Baca juga : 2 Rumah di Cipedes Kota Tasik Diterjang Longsor Bekas Galian C

Ketua Umum Himabata, M Ricardo F Marpaung menjelaskan estapeta kepengurusan merupakan bagian dari kesinambungan organisasi.

Pihaknya mewadahi ruang koordinasi, komunikasi, orang-orang melalui Himabata “Meski secara etnis, kami pendatang. Kami juga ingin kontribusi aktif demi kemajuan Kota Tasikmalaya,” tuturnya.

Dia menceritakan selama ini putra-putri batak juga turut menyumbang prestasi bagi daerah. Mulai dari melahirkan Juara II Lomba Nyanyi Bahasa Sunda se-Jawa Barat, sampai dengan menjuarai Lomba Sains dan Matematika antar pelajar.

“Kami juga bagian dari warga, berkewajiban untuk turut menjaga kebersihkan kota. Kami berencana menggulirkan program minggu bersih, karena kami yakin kalau kota bersih, rakyatnya juga bersih,” harap dia. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.