Developer; Layanan Instalasi Listrik Lemot, PLN APJ Tasik Bilang Begini

484
0
Loading...

TAWANG – Developer perumahan PT Indo Graha Bangun mengeluhkan lambatnya pelayanan pemasangan jaringan listrik untuk Perumahan Karikil Asri di Kecamatan Mangkubumi.

Usai melaksanakan pengajuan hingga pembayaran pemasangan jaringan listrik baru, bulan Januari 2018, perumahan tersebut hingga kini belum teraliri listrik.

Hal itu diungkapkan CEO PT Indo Graha Bangun Ihsan Bahzatun Nahdirin SE.

Pihaknya, kata Ihsan, mengajukan permohonan tanggal 2 Agustus 2017, kemudian masuk kepada tahap pendaftaran di tanggal 29 Januari 2018 dan melakukan pembayaran pada 30 Januari 2018.

Beragam upaya telah ditempuh, namun sampai saat ini (8/5/2018) belum ada jawaban yang dapat diterima dari Pihak PLN Rayon Tasikmalaya.

Loading...

“Kami sudah menyurati kantor PLN dan seharusnya, secara korporasi ada balasan yang komunikatif. Menghubungi via telepon juga cuma dapat alasan teknis, seperti Surat Perintah Membayar (SPM) yang belum tertandatangani dan lain sebagainya,” keluh dia kepada Radar saat ditemui di Jalan Sutisna Senjaya, Senin (7/5/2018).

Ihsan Developer

Pihaknya menuntut kejelasan sampai kapan aliran listrik bisa diperoleh. Mengingat sekitar 45 unit sudah siap huni, sementara jaringan listrik belum masuk.

Apalagi beberapa konsumen yang telah melaksanakan akad jual beli hunian sudah ingin secepatnya menempati.

“Kita harap ada kejelasan. Sebab ditunggu pemilik, seharusnya BUMN itu tidak terjegal persoalan seperti ini,” ujarnya.

Menurutnya, dari informasi yang dihimpun kejadian tersebut bukan dialami perusahaannya saja.

Beberapa pengembang perumahan di wilayah lain mengalami nasib serupa. Pasca melaksanakan pembayaran, baru dipasangi tiang saja, belum dipasangi kabel, travo dan instalasi lainnya.

“Saya sudah berkoordinasi dengan DPD dan DPP Asosiasi Perumahan Seluruh Indonesia (Aspersi), namun dari keterangan yang dihimpun setelah menghubungi PLN pusat, itu tidak ada kendala, kemungkinannya ini di Area Tasikmalaya,” tegasnya pria yang juga Ketua Bidang Perizinan DPD Aspersi Jawa Barat.

Ihsan mengeluhkan, sebagai developer tentunya merasa dirugikan lantaran komplain kerap diterima dari konsumen.

Apalagi rumah yang disediakannya merupakan hunian subsidi sesuai program pemerintah.

“Biasanya tidak sampai berbulan-bulan. pengalaman saya Dari beberapa perumahan yang kami garap itu paling seminggu pasca pembayaran instalasi langsung dipasang,” keluhnya.

Sementara itu, Humas PLN Area Tasikmalaya Hj Nurul menjelaskan pihaknya akan berkoordinasi dengan Rayon Tasikmalaya untuk menanyakan sejauhmana proses pelayanan jaringan listrik tersebut.

Kemudian kendala yang menyebabkan pemasangan tiang tidak langsung dibarengi dengan pemasangan kabel jaringan.

“Saya akan komunikasikan ke Rayon Tasikmalaya, sebab biasanya setelah tiang terpasang itu kemudian dipasangi kabel dan jaringan listrik tersambung,” pungkasnya.

(Firgiawan / Radar Tasikmalaya)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.