Kelurahan Perlu Persiapan Kelola Dana Besar

123
0

BUNGURSARI – Menjelang digelontorkannya dana kelurahan sebesar lima persen dari pos Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020, pihak kelurahan membutuhkan pelatihan khusus. Apalagi, saat ini terdapat sejumlah posisi yang kosong di pemerintahan level tersebut.

Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman mengaku sudah menginstruksikan supaya ada pembinaan bagi pejabat di kelurahan menghadapi pengelolaan keuangan yang dirata-ratakan tembus Rp 1,39 miliar per kelurahan. “Itu (pembinaan, Red.) sudah kita sampaikan supaya dilaksanakan sehingga dalam pengimplementasiannya berjalan lancar,” ucapnya saat ditemui di Bale Kota, Senin (22/7).

“Termasuk saat ini ada kekosongan juga di beberapa kelurahan. Kasi, dan semacam itu. Supaya tidak ada hambatan harus diisi dalam melaksanakan program ini termasuk kegiatan pelayanan masyarakat,” tambah dia.

Lurah Linggajaya Kecamatan Mangkubumi Rachmat Kurnia mengakui saat ini perlunya sumber daya manusia (SDM) yang siap dalam pengelolaan dana tersebut. Salah satunya melalui bimbingan khusus atau pun penambahan jumlah pegawai. “Harus, sebab kita akui SDM di kami terbatas dan masih kurang. Terutama bagi pelaksanaan kegiatan bersifat fisik,” katanya.

Di tahun ini pun, kata Rachmat, pihaknya masih dalam proses adaptasi dalam pengelolaan program baru yang mendapat alokasi sekitar Rp 370 juta per kelurahan. Dia berharap tidak ada kendala serius dalam mengimplementasikannya sehingga bisa siap mengelola anggaran yang lebih besar di tahun depan. “Tahun ini saya kira jadi pembelajaran dan proses adaptasi. Semoga lancar tidak ada kendala serius,” ujar Rachmat.

Saat ini, pihaknya baru melaksanakan program seperti pemberdayaan dan pembinaan dari dana kelurahan tahun anggaran 2019. Seperti pembinaan terhadap Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) termasuk Pemberdayaan RT/RW. “Memang di lapangan masih banyak yang harus dianggarkan dalam pembangunan di lingkup kelurahan. Ada pun tahun depan alokasi lebih besar, tentu harus banyak pembangunan yang kita inventarisasi dan menimbang skala prioritasnya,” kata dia. (igi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.