Kemampuan Anggota Tagana Tasik Terus Ditingkatkan

73
0
PELATIHAN. Anggota Tagana Kabupaten Tasikmalaya mengikuti program pelatihan keposkoan bencana di Wisata Batu Ampar Kecamatan Leuwisari, Rabu (4/11). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

LEUWISARI – Forum Komunikasi (FK) Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tasikmalaya yang difasilitasi Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan Perempuan dan Anak (Dinsos PMD-P2A) Kabupaten Tasikmalaya menggelar pelatihan kebencanaan terhadap anggota, Rabu (4/11).

Kegiatan pelatihan tersebut lebih kepada pemantapan manajemen posko sebagai upaya peningkatan kapasitas anggota Tagana dalam menghadapi bencana di Kabupaten Tasikmalaya yang dilaksanakan di lokasi Taman Perkemahan Batu Mahpar Kecamatan Leuwisari.

Ketua Forum Komunikasi (FK) Tagana Kabupaten Tasikmalaya Jembar Adi Setya mengatakan, dalam kegiatan ini dilakukan pemantapan terhadap para anggota ketika terjadinya bencana sesuai dengan tugas dan peran masing-masing di lapangan.

“Sehingga penanggulangan bencana akan lebih cepat dan tepat. Adapun materi yang disampaikan seperti mitigasi bencana, manajemen keposkoan disaat darurat bencana, manajemen posko pertolongan, pemanfaatan alat kebencanaan kompas dan GPS,” ujar Jembar kepada Radar, kemarin.

Baca juga : Publik Minta Calon Bupati Tasik & Wakilnya Bukan PHP

Menurut dia, untuk jumlah anggota Tagana saat ini mencapai 52 orang tersebar baru di 18 kecamatan yang rawan bencana di Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan Perempuan dan Anak (Dinsos PMD-P2A) Kabupaten Tasikmalaya Roni Ahmad Syahroni mengapresiasi langkah yang dilakukan Tagana dalam kesiapsiagaan bencana, termasuk menyiapkan anggota yang lebih mumpuni lagi.

“Kami fasilitasi kegiatan ini dan mudah-mudahan Tagana dalam setiap bencana yang terjadi di Kabupaten Tasikmalaya lebih cepat dan tanggap serta bisa menolong masyarakat terdampak bencana,” ujar dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.