Kemasan Penyok Jangan Dipajang

62
0
RANGGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA PENYOK. Tim Sidak Kota Tasikmalaya mendapati kemasan susu dalam kondisi penyok Kamis (23/5).

CIHIDEUNG – Instansi gabungan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah super market di Kota Tasikmalaya Kamis (23/5). Hasilnya, masih ditemukan produk-produk yang tak layak jual. Salah satunya karena kemasannya penyok. Rusak.

Tim gabungan yang dikoordinir Dinas KUMKM Perindag Kota Tasikmalaya melibatkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM), kepolisian dan meteorologi menemukan kemasan-kemasan minuman yang dalam kondisi penyok di supermarket Plaza Asia.

Tim gabungan menilai produk yang kemasan penyok itu tidak layak jual, karena dikhawatirkan komposisinya terkontaminasi unsur lain. Petugas pun meminta pengelola menarik produk-produk tersebut dari rak display.

Chief Human Resource Departement (HRD) Plaza Asia Peri N Yogaswara mengatakan barang yang ditemukan penyok itu biasanya bukan penyok saat dipajang atau kekeliruan dari pegawainya. Namun karena barang itu banyak diambil pengunjung dan mereka simpan kembali, sehingga kondisi kemasan susu tersebut penyok. “Biasanya ada pengunjung yang menjatuhkannya juga,” ujarnya.

Kepala Dinas KUMKM Perindag Kota Tasikmalaya H M Firmansyah mengatakan sidak produk menjelang Lebaran itu untuk menjaga kualitas barang dagangan yang dijual kepada masyarakat. Selain itu, tanggal kedaluarsa pun diperiksa supaya masyarakat tidak mengkonsumsi produk basi.

“Kita lakukan untuk supaya produk yang dijual aman untuk masyarakat,” terangnya.

Secara keseluruhan, hasil pemeriksaan ke tempat-tempat perbelanjaan, timnya menemukan juga produk yang sudah melebihi batas kedaluarsa. Di tambah lagi ada timbangan yang belum tertib dilakukan tera.

“Kita amankan untuk kita tera ulang,” katanya.

Hasil dari sidak tersebut, menjadi bahan evaluasi kepada pihaknya untuk memberikan pembinaan. Diharapkan para pengelola tidak melakukan kekeliruan dalam menjual produk kepada masyarakat. “Nantinya akan kita beri pembinaan supaya bisa lebih tertib,” ujarnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.