Kembalikan Uang Suap Rp 200 Juta, Mendagri Curiga

29
0
Loading...

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupis (KPK) menerima pengembalian uang dari sejumlah pihak yang terkait, dengan operasi tangkap tangan (OTT), yang dilakukan terhadap Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra.

Uang yang dikembalikan sebesar Rp 200 juta. Demikian disampaikan Juru Bicara KPK Febri Diansyah, kepada jurnalis di Kantor KPK.

Febry enggan mengungkap siapa orang yang mengembalikan uang tersebut. “Ada tambahan pengembalian uang lebih dari Rp 200 juta terkait OTT Cirebon,” kata Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (25/10).

KPK masih melakukan pemeriksaan terhadap para pelaku suap, termasuk Bupati Cirebon. Diketahui, dugaan tindakan suap yang dilakukan oleh Sunjaya berkaitan dengan transaksi jual beli jabatan nilainya melebihi Rp 1 miliar.

MENDAGRI CURIGA

Loading...

Namun, dalam kasus OTT Bupati Cirebon ini ada hal menarik yang terjadi, yakni kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 2(PDIP) itu sempat menelpon Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo untuk memproses pergantian sejumlah Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD).

“Jujur, saya curiga. Sudah 3-5 hari terakhir, Pak Bupati telepon saya terus. Dia minta izin saya untuk mengganti beberapa SPKD dia. Saya saat itu masih dalam kesibukan ya, makanya belum saya terima,” kata Mendagri kepada wartawan di Kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (25/10).

Dengan permintaan itu, Tjahjo menyarankan kepada Sunjaya agar mengikuti ketentuan peraturan yang ada jika ingin mengganti SKPD, yakni melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil selaku pimpinan tertinggi di Provinsi Jawa Barat.

“Dulu yang menentukan Mendagri. Tapi sekarang, saya serahkan kepada Gubernur, karena yang mengetahui SDM kan Gubernur. Mendagri jadinya hanya teken SK saja, sudah enggak mikir siapa orangnya lagi,” jelas Tjahjo.

Usai terjaring OTT oleh KPK, politisi PDI Perjuangan itu berkeyakinan jika permintaan Sunjaya lewat telpon itu ada kaitan kuat dengan kasus yang saat ini ditangani oleh KPK. Dalam OTT itu, Sunjaya tak sendiri diamankan, tetapi ada tujuh orang yang ikut diamankan oleh KPK.

(RBA/FIN)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.