Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

0.9%

60.8%

2.3%

0.2%

4.4%

19.6%

11.4%

0%

0.1%

0%

0%

Kembangkan BUMDes Secara Profesional

172
0
DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA DILANTIK. Pengurus Forum BUMDes Kabupaten Tasikmalaya dan Ketua Forum BUMDes Kecamatan masa bakti 2018-2023 dilantik di Pendopo Lama, Jumat (9/2).

Pengurus Forum Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kabupaten Tasikmalaya dan Ketua Forum BUMDes Kecamatan masa bakti 2018-2023 dilantik di Pendopo Lama, Jumat (9/2). Mereka diminta mampu mengembangkan badan usaha milik desa secara profesional.

DIKI SETIAWAN, Tasikmalaya

MENJUNJUNG tinggi dan memupuk kebersamaan dalam mewujudkan mitra BUMDes menuju desa membangun untuk kesejahteraan masyarakat menjadi tema dalam pelantikan Forum BUMDes Kabupaten Tasikmalaya.
Pasca dikukuhkan, forum ini harus mampu membawa dan mengakomodir semua badan usaha milik desa di Kabupaten Tasikmalaya dengan baik. Sehingga BUMDes bisa terus berkembang dengan baik. “Pengurus forum BUMDes harus mampu me-manage dan membagi peran serta mengkolaborasikan jaringan di desa dengan baik,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat Agus Hanapi kepada Radar kemarin.
Forum ini jangan hanya sebatas melakukan koordinasi kepengurusan dan program saja, melainkan harus lebih dari itu. Sehingga ada solusi bagaimana mengembangkan BUMDes secara baik. “Harus betul-betul memberikan pengertian atau memberikan solusi usaha kepada BUMDes di setiap desa. Bentuk usaha yang potensial seperti apa harus ada penjelasan supaya usaha yang dijalankannya berjalan lancar dan sukses,” paparnya.
Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMDPAKB) Kabupaten Tasikmalaya H Wawan R Effendy menjelaskan pengukuhan pengurus forum BUMDes ini untuk mewadahi semua badan usaha yang ada di desa-desa.
“Forum BUMDes untuk mengingatkan ketika ada persoalan di dunia perdagangan dan kemitraan yang terjadi di BUMDes,” jelasnya. Pengurus Forum BUMDes Kabupaten Tasikmalaya Aep Saepudin menceritakan setelah dikukuhkan tentunya mempunyai tanggung jawab besar dalam memajukan BUMDes di Kabupaten Tasikmalaya. “Tahun ini kami menargetkan BUMDes ini akan mengoptimalkan anggaran dari dana desa untuk menjalankan bidang usaha yang sehat,” targetnya. Forum ini bisa dijadikan wadah untuk bertukar informasi antara BUMDes satu dan yang lainnya. Sehingga wawasan untuk memajukan usaha bisa semakin luas. (*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.