Kembangkan Ekonomi, Cegah Pemuda Lari ke Kota

249
0
ISTIMEWA PELATIHAN. Karang Taruna Desa Banjarangsana Kecamatan Panumbangan berfoto bersama usai pelatihan Rabu (13/12).

Desa Banjarangsana Kecamatan Panumbangan memberikan pelatihan wirausaha kepada para pemuda yang tergabung dalam karang taruna pada Rabu (13/12). Pelatihan yang dibiayai Dana Desa (DD) itu merupakan bagian dari upaya pemerintah membangun desa agar lebih maju.

IMAN S RAHMAN, Ciamis

Dana yang dikucurkan untuk melatih karang taruna itu sekitar Rp 15 juta. Dengan dana itu, para pemuda dan pemudi Desa Banjarangsana dilatih tata cara nyablon. Sejumlah tokoh masyarakat dan kecamatan turut menyaksikan pelatihan tersebut.
Sekretaris Desa Banjarangsana Joni mengatakan pelatihan wirausaha bagian dari upaya memperluas lapangan kerja di desa. Sehingga, para pemuda atau pun pemudi tidak perlu pergi ke kota untuk bekerja. Mereka bisa membangun usaha sendiri di sekitar tempat tinggal. Hal ini diharapkan akan turut meningkatkan pendapatan asli desa dan kesejahteraan masyarakat.
“Saya yakin ke depan (Desa Banjarangsana) akan menjadi desa mandiri dalam mengembangkan berbagai usaha kecil yang mengdepankan kearifan lokal,” katanya.
Sementara, pendamping dari Kementerian Desa, Pembangunan Dearah Tertinggal dan Transmigrasi untuk Kecamatan Panumbangan Otong Husen menyambut baik upaya pemerintah desa memberdayakan para pemuda melalui pelatihan wirausaha.
“Saya yakin kalau karang taruna bisa mengembangkan usaha kecil-kecilan dulu, mereka bisa membuka lapangan kerja di desa,” tuturnya.
Menurut dia, pelatihan itu juga termasuk salah satu bentuk penjabaran program Nawa Cita Presiden Joko Widodo tentang Membangun Indonesian dari Pinggiran. Dengan begitu, masyarakat diharapkan tidak berlomba-lomba pergi ke kota, tapi berlomba membangun usaha di tanah kelahirannya.
Salah satunya bisa dengan memaksimalkan Dana Desa (DD) yang telah digelontorkan pemerintah untuk pelatihan wirausaha. Sehingga, perekonomian desa menjadi lebih berkembang.
“Dengan pengembangan ekonomi desa, karang taruna akan membantu masyarakat sekitar dalam segi peluang membuka usaha dan salah satu program pengentasan pengangguran,” tegasnya. (*)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.