Kembangkan Iptek Berbasis Agama

35

TASIK – Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (Umtas) menggelar agenda puncak milad ke-4 sekaligus milad Muhammadiyah ke-106 di Graha Umtas Kamis (29/11). Acara ini mengusung tema Reformulasi Pendidikan di Era Disrupsi.

Ketua PW Muhammadiyah Provinsi Jawa Barat Ir H Syuhada menuturkan di milad Muhammadiyah yang ke-106 diharapkan amal usaha Muhammadiyah di Tasikmalaya bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk umat. Sehingga pihaknya akan terus melakukan monitoring dan support dalam segala hal untuk mendukung kemajuan Umtas.

“Umtas yang merupakan lembaga pendidikan Muhammadiyah tentu harus mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) yang berbasis agama, jadi boleh mengembangkan ilmu pengetahuan tapi tidak boleh lepas dari agama,” terang Syuhada.

Terlebih, tuturnya, sesuai dengan tema untuk menghadapi era disrupsi ini akan terjadi dua kemungkinan, yakni terjadi reduksi dan akselerasi. Hal ini tergantung bagaimana menerapkan Iptek.

“Jadi kita jangan salah memahami ilmu pengetahuan dan teknologi, Iptek ini harus jadi fasilitas untuk mengembangkan agama, jika demikian kita punya harapan masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Rektor Umtas Dr Ahmad Qonit AD MA mengatakan capaian yang sudah digapai Umtas memberikan motivasi dalam menghadapi tantangan ke depan yang semakin besar, sehingga untuk menghadapi era disrupsi harus berfikir out of the box.

“Jika sudah menyiapkan SDM dan sistem teknologi yang luar biasa maka kampus ini tidak akan ketinggalan zaman, Insya Allah Umtas akan menyiapkan segala hal untuk menghadapi dunia dengan segala perkembangnnya dan itu sesuai pesan agama, kita beragama harus berilmu pengetahuan,” ungkap Ahmad. Jadi, tambahnya, agama itu harus menjadi spirit bagi kemajuan pengetahuan.

Puncak milad yang juga dihadiri oleh Kepala LPMP Jawa Barat Rd Ibno Subandi SH MM ini juga diisi pidato ilmiah yang disampaikan oleh Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Dr Muhammad Samsudin MPd sebagai perwakilan PP Muhammadiyah.

Selain itu, ada pemberian beberapa penghargaan kepada tokoh-tokoh Muhammadiyah Kota Tasikmalaya dan penghargaan dharma bhakti untuk pemimpin Perguruan Tinggi Muhammadiyah Tasikmalaya. Ada juga pembagian hadiah untuk juara lomba yang dilaksanakan dalam rangka rangkaian milad. (ais)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.