Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

4.8%

41.9%

14%

1.4%

26.6%

0%

10.8%

0%

Kembangkan Potensi Wisata Ciamis

247
0

CIAMIS – Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis melakukan pengembangan destinasi wisata, untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

“Tahun 2018 ini, progres kerja, selain merawat destinasi yang sudah ada, kami pun sedang melakukan pengembangan di beberapa titik destinasi wisata yang ada di beberapa kecamatan di Ciamis,” ungkap Kadis Pariwisata Ciamis Drs H Toto Marwoto MPd kepada Radar, Senin (22/5).

Destinasi wisata yang terus dikembangkan diantaranya Situ Lengkong Panjalu, Situs Ciung Wanara Karangkamulyan, Hutan Larangan Kampung Adat Kuta, Curug Salusin, Situ Wangi dan Curug Panganten.

Toto mengaku butuh dukungan semua pihak agar destinasi wisata yang ada semakin dikenal. Terutama dukungan dari pemerintah daerah untuk melakukan promosi dan pengembangan.

“Kami cukup optimis dalam pengembangan beberapa destinasi wisata tersebut akan mampu menarik minat wisatawan lokal khususnya dan luar Ciamis pada umumnya,” ujarnya.

Selama Ramadan, lanjut Toto, di Situ Lengkong Panjalu kini dibuat kios wisata. Jumlahnya mencapai 20 kios. Desain dan penataannya juga dibuat lebih indah, bersih dan nyaman.

Di kios tersebut beberapa pedagang menjual komoditi yang dihasilkan oleh masyarakat setempat. Ada juga cenderamata yang bisa memberikan refleksi tentang Ciamis.

“Sebetulnya, kita punya kuliner ciri khas Ciamis seperti galendo, sale, saroja. Sementara kalo cenderamata secara universal di Panjalu ada ukiran kayu yang bisa di jual di kios wisata tersebut,” paparnya.

Saat ini, Dinas Pariwisata juga tengah mencoba mendesain Bendungan Leuwi Keris, agar bisa dijadikan lokasi wisata. Hal-hal menarik harus dimunculkan agar masyarakat dari luar kota mau datang ke lokasi. “Jika bicara masalah ini, harus berkorelasi dengan anggaran. Kita bisa menampilkan seni budaya di lokasi wisata dengan sesuatu yang memikat, sehingga orang tidak hanya lewat,” katanya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.