Kembangkan Seni Karawitan

14

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Menanamkan budaya dan seni daerah, Sekolah Dasar Negeri  (SDN) 2 Pengadilan mewajibkan siswa untuk mengikuti ekstrakurikuler seni karawitan. Melalui kegiatan tersebut diharapkan siswa menguasai seni tradisional dan mendulang prestasi di bidang tersebut.

Kepala SDN 2 Pengadilan Yeni Wiarni SPd mengatakan seni karawitan di SDN 2 Pengadilan tersebut wajib diikuti oleh seluruh siswa dari kelas III dan VI. “Selain Pramuka, kami juga mewajibkan ekstrakurikuler karawitan,” katanya kepada Radar, Selasa (23/10).

Lanjutnya, ekstrakurikuler tersebut digelar seminggu sekali yakni pada hari Senin setelah pulang sekolah. “Biasanya latihannya dilaksanakan selama dua jam pelajaran,” tutur dia.

Yeni menjelaskan, ekstrakurikuler seni karawitan ini bertujuan untuk menanamkan jiwa seni, khususnya kesenian Sunda yang saat ini sudah mulai terkikis di kalangan anak muda. “Target utamanya memang prestasi, yakni mempersiapkan mengikuti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N),” jelasnya.

Tambah dia, berkat latihan yang intensif, SDN 2 Pengadilan menjadi juara tingkat kecamatan pada lomba kesenian tradisional. Makanya SDN 2 Pengadilan menargetkan menjadi juara pertama di tingkat Kota Tasikmalaya. “Mudah-mudahan dengan latihan rutin, SDN 2 Pengadilan menjadi perwakilan Kota Tasikmalaya pada lomba kesenian tradisional untuk tingkat Provinsi Jawa Barat,” papar Yeni.

Untuk persiapan lomba, sambungnya, biasanya dipilih siswa yang memang berprestasi dan memiliki bakat dalam seni karawitan ini. Selanjutnya diberikan pembinaan secara intensif.

Yeni berharap, melalui ekstrakurikuler karawitan tersebut, bisa menanamkan jiwa seni dan terus memperkenalkan kesenian tradisional khas Sunda. “Mudah-mudahan siswa menguasai bidang kesenian, juga menjadi prestasi,” harapnya. (ujg)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.