Kemenag : Gaji Honorer Tidak Boleh Dipotong

405
0
Istimewa. MENGAJAR. Salah seorang guru honorer di lingkup Kemenag sedang mengajar di tempat kerjanya Kamis (9/1). Kemenag melarang adanya pemotongan honor daerah guru honorer.
Istimewa. MENGAJAR. Salah seorang guru honorer di lingkup Kemenag sedang mengajar di tempat kerjanya Kamis (9/1). Kemenag melarang adanya pemotongan honor daerah guru honorer.

PANGANDARAN – Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran Cece Hidayat melarang adanya pemotongan honor daerah guru honorer di lingkungan Kemenag.

”Saya sudah wanti-wanti petugas Kemenag tidak diperkenankan untuk memotong uang honor daerah dengan alasan apapun juga,” tegasnya kepada Radar, Kamis (9/1)

Menurut dia honor daerah sebesar Rp 325 ribu per bulan tersebut ditransfer langsung ke rekening 788 guru honorer.

”Jadi dengan sistem transfer seperti ini, sangat kecil kemungkinan adanya pemotongan honor daerah,” katanya.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Pangandaran Nana Supriatna mengatakan insentif berupa honor daerah tersebut berasal dari hibah APBD Kabupaten Pangandaran.

“Untuk anggaran APBD tahun 2020 kami berupaya membayarkan insentif secara bertahap perbulan,” katanya.

Lanjutnya, 788 honorer tersebut merupakan pengajar di Madrash Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). ”Semuanya berstatus non aparatur sipil negara (ASN) atau honorer,” terangnya.

Lanjut dia, syarat bagi penerima honor daerah adalah mereka yang sudah mengabdi minimal 2 tahun dan pendidikan terakhirnya S1.

”Guru honorer juga harus mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari yayasan dan satuan kerjanya, serta ada surat pernyataan di atas materai dari kepala sekolah tempat mereka mengajar” terangnya.

Salah satu guru honorer Kemenag Herdiyanto mengatakan jumlah guru ASN dan honorer Kemenag di Pangandaran, belum berbanding lurus dengan kebutuhan. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.