Kemenag: Seluruh MTs Siap UNBK

23
GLADI BERSIH. Siswa MTs Al Jamiyatul Washliyah melaksanakan gladi bersih UNBK pada 18 Maret 2019. Tahun ini seluruh MTs di bawah Kemenag Kota Tasikmalaya siap UNBK.

TASIK – Sebanyak 3.605 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) negeri dan swasta di bawah Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tasikmalaya siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 22-25 April 2019.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penmad) Kemenag Kota Tasikmalaya Drs H Da­dang Toha Mus­lim MSi menuturkan, untuk tahun ini seluruh MTs di bawah Kemenag Kota Tasikmalaya yang ber­jum­lah 52 MTs sudah 100 persen me­lak­­sanakan UNBK.

“Pada UNBK 2019 ada 44 MTs negeri dan swasta sebagai penyelenggara, 8 MTs lainnya bergabung ke MTs lain karena belum memiliki akreditasi dan jumlah siswanya kurang dari 20 orang,” ujar Dadang kepada Radar, Jumat (12/4). Dadang berharap, tahun depan MTs yang masih b ergabung tersebut bisa menyelengarakan UNBK secara mandiri. Sebab, kata ia, hal ini akan berpengaruh pada kepercayaan diri siswa.

Ia mengatakan, proses uji coba dan gladi bersih UNBK sudah digelar beberapa waktu lalu dan berjalan dengan lancar. Sarana dan prasarananya pun sudah menunjang.

Jabatan Fungsional Umum (JFU) Pengembang Kurikulum Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Tasikmalaya Eko Yuda Nugraha SHI mengatakan, untuk menyukseskan UNBK 2019 Kemenag Kota Tasikmalaya sudah menyiapkan tiga tim khusus help desk untuk keliling dalam melayani gangguan pada saat sinkronisasi. Tim ini mulai bekerja tiga hari sebelum pelaksanaan UNBK.

Hal ini untuk memastikan sekolah sudah mendapatkan ID Server sinkronisasi di web unbk.kemdikbud.go.id. Selanjutnya, memastikan server yang akan sinkroniasi adalah mesin yang dipakai untuk UNBK di hari Senin.

Kepala MTs Arrahmah Kota Tasikmalaya Ghufronul Mubin SAg MMPd menyatakan, sekolahnya siap menyelenggarakan UNBK secara mandiri. Pesertanya sebanyak 122 siswa yang dibagi tiga sesi.

“Persiapan UNBK sudah siap dan aman, baik teknis dan non teknisnya, seperti persiapan cek kabel dan persediaan token listrik. Selanjutnya untuk siswa sudah mengadakan pembinaan mental melalui kegiatan malam bina iman dan takwa (Mabit),” katanya kepada Radar, Senin (15/3). (mg1)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.