Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

Partai Pendukung Hanya Dimintai Pandangan Saja

Kemendagri Sarankan Wabup Segera Diisi

48
0

SINGAPARNA – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya Arip Rachman SE MM mengatakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjelaskan bahwa pemerintah daerah harus segera mengisi jabatan wakil bupati (wabup) di sisa periode ini.

“Saat Komisi I melakukan kunjungan kerja dan konsultasi soal pengisian jabatan wabup. Kemudian, Kemendagri langsung menyampaikan soal aturan, bahwa jabatan wabup ini harus segera diisi,” ujarnya saat dihubungi Radar, Kamis (7/2).

Hasil konsultasi ini, kata dia, menjadi dasar bahwa partai pengusung harus segera mengusulkan dua nama yang akan dipilih untuk mengisi jabatan wabup. “Jadi sekarang DPRD tinggal menunggu usulan dari pengusung soal nama yang akan dipilih. Namun, sampai saat ini bupati dan partai pengusung belum ada geliat mengusulkan dua nama ke DPRD,” terangnya.

Lanjut dia, yang membuat proses pengisian wabup ini lama, disebabkan pembahasan di tataran partai pengusung. Mulai dari penentuan figur hingga konsolidasi politik pun harus menjadi pertimbangan. “Kalau di DPRD prosesnya paling satu minggu pembahasan, kemudian dilanjutkan pemilihan di paripurna,” bebernya.

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Ruhimat meminta bupati dan partai pengusung segera mengusulkan dua nama cawabup ke DPRD. “Hasil kajian dari Komisi I, bahwa Kabupaten Tasikmalaya perlu adanya wakil bupati,” paparnya.

Menurutnya, hasil kajian Komisi I bahwa dengan keberadaan wakil bupati akan saling mengisi dalam menjalankan roda pemerintahan. Baik itu pekerjaan di dalam mau pun luar kota. “Rekomendasi yang disampaikan Komisi I sudah ditindaklanjuti oleh unsur pimpinan dengan mengirimkan surat kepada eksekutif (bupati) untuk segera mengusulkan nama yang akan dipilih menjadi wakil bupati. Namun, sampai saat ini suratnya belum direspons,” paparnya.

Terpisah, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya H Demi Hamzah Rahadian SH MH menjelaskan peran partai pendukung saat diundang hanya sebatas memberikan masukan dan dorongan pada saat pemilihannya. “PPP dan Golkar hanya memberikan pandangan saja soal nama yang diusulkan oleh PAN dan PKS,” pungkasnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.