Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

2.8%

19.1%

7.1%

71%

Kemenristekdikti Gelar Academic Leadership Award

116
0

JAKARTA – Dosen memiliki peran penting dalam memajukan dunia pendidikan tanah air. Sayangnya di Indonesia apresiasi kepada dosen masih sangat minim. Padahal sebagai akademisi, dosen telah mendedikasikan hidupnya untuk mengajar, meneliti, mengembangkan ilmu pengetahuan, serta pengabdian masyarakat.

Selama ini proses riset dosen sering dilakukan dalam senyap. Sehingga prestasi hasil riset tersebut kurang mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Di sisi lain, saat ini Indonesia

membutuhkan sosok ilmuan yang mampu menjadi contoh (role model) serta inspirasi generasi muda di era persaingan global.
Melihat kondisi dosen berprestasi dalam hal riset, namun minim apresiasi dan publikasi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) meluncurkan program baru. Program tersebut dinamakan Academic Leadership Award 2018.

Pengertian academic leader di sini pun bukan semata dosen. Tetapi sosok yang menjadi pemimpin dalam sebuah komunitas intelektual.

“Kegiatan ini menjadi ajang penghargaan bagi sosok pemimpin akademik,” kata Dirjen Sumber Daya Iptek-Dikti Kemenristekdikti Ali Ghufron Mukti di Jakarta Kamis (5/7).

Guru Besar UGM Jogjakarta itu menuturkan, pemerintah melihat ada gairah dan upaya nyata dari pemimpin perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Tetapi selama ini kurang mendapatkan sorotan yang luas di mata publik.

“Ajang ini sekaligus menjadi apresiasi dari pemerintah untuk sosok yang sudah menunjukkan semangat meningkatkan mutu pendidikan tinggi kepada masyarakat luas,” jelas Ghufron.

Lebih lanjut Ghufron mengatakan, Academic Leadership Award merupakan rangkaian dari Simposium Cendekia Kelas Dunia (SCKD) 2018 yang digelar Agustus mendatang. Kemenristekdikti sudah menyiapkan penghargaan yang terbagi dalam tujuh kategori untuk kelompok dosen sebagai academic leader.

Ketujuh kategori tersebut yakni sains, teknologi, sosial humaniora, seni dan budaya, kesehatan, pertanian, dan kemaritiman. Saat ini pendaftaran Academic Leadership Award 2018 sudah mulai dibuka secara online melalui laman http://bit.ly/academicleader2018, untuk dosen sebagai academic leader.

Kemudian bagi dosen yang menjadi rektor bisa mendaftarkan di http://bit.ly/dosensbgrektor2018. Batas akhir pengisian dokumen setiap kategori dilakukan sampai 17 Juli 2018.

Tahap mulai dari penilaian dokumen yang dilaksanakan dari 19 hingga 21 Juli. Dilanjutkan dengan verifikasi tim penilai dari 23 Juli hingga 7 Agustus. Adapun informasi lengkap mengenai ajang ini dapat diakses melalui laman http://sumberdaya.ristekdikti.go.id. (jpk/wan/JPC)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.