Kementan Janji Stabilkan Harga Ayam

139
0

JAKARTA – Anjloknya harga ayam broiler di sejumlah wilayah di Pulau Jawa saat ini terparah dibandingkan terjadi belum lama ini. Pemerintah seolah tidak mampu mengurus harga ayam hidup yang terjun bebas.

Kembali pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) sebagai yang bertanggung jawab, berjanji segera membenahi persoalan harga ayam.

Hal itu seperti dikatakan oleh Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (Gopan) bahwa Kementan akan memberikan solusi mengatasi anjloknya harga ayam broiler. Solusi yang akan dilakukan adalah memotong induk ayam supaya ayam petelur yang menghasilkan anak ayam bisa berkurang.

“Solusi yang dilakukan Kementan yakni melakukan pemangkasan ayam induk biar nantinya tidak bertelur lagi dan tidak terjadi kelebihan stok,” kata Sektretaris Jenderal Gopan Sugeng Wahyudi di Jakarta Kamis (27/6).

Selain dilakukan pemangkasan ayam, kata dia, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melibatkan peternak rakyat untuk ikut dalam bazar-bazar yang diinisiasi lembaga pemerintah itu. Langkah tersebut dipastikan efektif menghentikan stok ayam yang berlimpah.

Sementara Gabungan Perusahaan Perunggasan Indonesia (GPPI) Parjuni meminta pemerintah segera menyelamatkan peternak dari ancaman gulung tikar. Dia menawarkan solusi pemangkasan Day Old Chicks (DOC) alias anak ayam usia sehari.

“Pemerintah harus segera pangkas DOC sebesar 30 persen, karena over suplay bibit ini yang bikin harga hancur,” katanya. Seperti diketahui, peternak ayam menjerit harga ayam hingga menyentuh terendah Rp 6.000 per kilogram (kg). (din/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.