Kemlu Balas Habib Rizieq Sebut Menlu Perintahkan Menangkan Jokowi-Ma’ruf

47
0

JAKARTA – Tudingan Habib Rizieq Shihab yang menyebut Menteri Luar Negeri memerintahkan untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf di Arab Saudi, dijawab Kementerian Luar Negeri (Kemlu).

Rizieq, dalam video yang viral di chanel Front TV, menyebut perintah dikeluarkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

“Kami ingin sampaikan bahwa statement itu tidak benar,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Lalu Muhammad Iqbal di Cikini, Jakarta Pusat, Senin (1/4/2019).

Ia membenarkan Menteri Retno berkunjung ke Jeddah pada tanggal 2-3 Maret 2019 tapi kunjungan dalam kaitan perlindungan WNI.

“Perlu dicatat Ibu Menlu tidak bertemu dengan KBRI, hanya bertemu dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) tidak bertemu dengan KBRI,” ungkap Iqbal yang juga wakil ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) ini.

Iqbal mendampingi Menlu Retno saat pertemuan dengan staf KJRI di Jeddah. Dalam pertemuan Iqbal menegaskan Menteri Retno memang mengulas Pemilu tetapi sama sekali tidak menyinggung mengenai dukungan.

“Pada saat pertemuan tersebut ibu tidak berbicara spesifik mengenai pilpres, kondisi WNI, perkembangan ekonomi, perdagangan.”

“Pesan yang Menlu sampaikan meminta agar kepala perwakilan RI memberikan perhatian bagi penyelenggaraan pemilu di luar, dan pastikan berjalan aman dan lancar,” lanjut Iqbal.

Justru, kata Iqbal, menjelang pemilihan presiden, Menlu Retno selalu meminta staf di luar nageri agar penyelenggaraan pemilu dengan lancar dan aman.

Selain itu agar staf menunjukkan profesinalisme, integritas, dan netralitas.

“Sekali lagi tidak benar Menlu meminta memenangkan calon pasangan presiden,” tutupnya.

(jpg/ruh/pojoksatu)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.