Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

Kena Tilang Bisa Bayar Pajak di Tempat

86
0
BERIKAN HADIAH. Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya dan Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso SH SIK memberikan hadiah kepada pengendara, Senin (24/6). IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya dan Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso SH SIK memberikan hadiah kepada pengendara yang tertib lalu lintas dan taat bayar pajak saat operasi razia kendaraan tidak melakukan daftar ulang (KTMDU) di Jalan Raya Jenderal Sudirman, Senin (24/6) sekitar pukul 09.00.

Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya mengapresiasi razia KTMDU itu. Lantaran, dalam razia ini, pengendara yang menunggak pajak bisa langsung membayar pajak kendaraan di tempat yang mempermudah masyarakat.

Untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak, Bapenda Jawa Barat juga mengeluarkan inovasi lainnya dalam pembayaran pajak antara lain e-Samsat, Samsat gendong dan Samsat malam. “Hal ini (pemberian hadiah, Red.) kami lakukan sebagai bukti penghargaan pemerintah kepada warganya yang taat untuk membayar pajak kendaraan tepat waktu,” kata Herdiat kepada wartawan di Kantor Samsat Ciamis.

Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Ciamis H Agus Suhendra SH MSi menerangkan, razia gabungan tersebut untuk meningkatkan pembayaran pajak kendaraan. Dari 298.000 unit kendaraan yang terdaftar di Kabupaten Ciamis, sebanyak 21 persen di antaranya belum membayar pajak atau daftar ulang. Dari 21 persen itu memang sudah ada yang pindah tangan keluar Ciamis, bahkan hingga ke Sulawesi. “Kami imbau kepada masyarakat untuk selalu taat pajak,” tuturnya.

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso SH SIK menerangkan, dalam razia kali ini, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) bersinergi dengan polisi militer (PM), Samsat atau Dispenda. Hal-hal yang ditertibkan terfokus pada kendaraan yang pengemudinya tidak melengkapi surat kendaraan seperti SIM dan STNK. Selain itu, kendaraan yang aksesorisnya tidak lengkap, memakai knalpot bising, dan pengendaraan tak pakai helm langsung ditilang. Bahkan, apabila pengendara tidak bisa menunjukkan surat-surat kendaraan, kendaraannya bisa dibawa petugas. Sementara, bila pengendara menunggak pajak kendaraan, maka bisa membayarnya di tempat. Adapun, pengendara yang tertib administrasi diberikan hadiah berupa suvenir. “Kami imbau semua masyarakat taat dan tertib lalu lintas serta taat pajak. Karena kalau tertib akan nyaman dan aman berkendara juga,” tuturnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.