Kenali Tanda-Tanda Kehamilan Sehat

136
0
PAPARKAN. Dokter H Djaja Kosnendar SpOG memaparkan mengenai ciri-ciri kandungan sehat. 
PAPARKAN. Dokter H Djaja Kosnendar SpOG memaparkan mengenai ciri-ciri kandungan sehat. 

BANJAR – Calon ibu harus tahu ciri-ciri kandungan sehat dan kondisi janin yang baik selama mengandung. Hal itu dikatakan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi atau Dokter Kandungan dr H Djaja Kosnendar SpOG.

Edukasi mengenai ciri kandungan sehat ini untuk menghindari konsekuensi yang paling umum terjadi yakni keguguran. Karena tidak sedikit ibu hamil merasa cemas atau bahkan takut karena mitos-mitos yang beredar di masyarakat.

“Ciri-ciri kandungan kuat sangat krusial memantau kondisi janin dalam kandungan, salah satunya dengan cara USG. Karena bisa diketahui apakah perkembangan janin sesuai dengan usianya atau tidak,” ujarnya Sabtu (28/3).

Dia mengatakan selain itu, terdapat ciri-ciri kandungan sehat lainnya pertama mengetahui melalui level hormon. Hormon progesteron dan estrogen adalah dua hormon yang sangat besar peranannya dalam kehamilan.

Saat hamil, sambungnya, calon ibu akan memproduksi kedua hormon tersebut jauh lebih banyak, hingga 20 kali lipat. Semakin seimbang level hormon, semakin kuat pula kandungannya.

“Ciri kedua yakni mengecek pertumbuhan. Hal yang dilakukan dokter kandungan saat pemeriksaan berkala, dengan mengukur panjang tulang dan pertumbuhan janin. Lewat pemeriksaan USG, bisa dipantau dengan baik, pada trimester pertama, kedua dan ketiga,” tandasnya.

Ciri ketiga, kata dia, gerakan bayi. Biasanya usia empat bulan kehamilan bayi akan mulai bergerak merespons terhadap suara baik itu suara orang tuanya atau suara di sekitarnya.  Seiring bertambah besarnya janin hingga bulan ke-7, bayi bisa bereaksi lebih banyak dan lebih sering terhadap stimulus suara, hingga rasa sakit.

“Di usia 8 bulan kehamilan, bayi mulai bergerak aktif dan kadang menendang perut ibunya yang membuat kurang nyaman. Namun, calon ibu akan senang, karena sang bayi bisa merespons,” ungkapnya.

Lanjut dia, ciri keempat yakni detak jantung, ini salah satu momen mendengarkan detak jantung janin dalam kandungan saat dilakukan pemeriksaan USG. Hal ini untuk memastikan kondisi kesehatannya baik atau tidak.

Ciri kelima, berat badan dan ukuran perut calon ibu. Hal itu merupakan indikator penting karena salah satu ciri-ciri kandungan sehat. Dan idealnya, calon ibu akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 12 hingga 15 kilogram sampai proses persalinan.

“Namun, ukuran perut juga harus diperhatikan, tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Jika sesuai dengan usia kehamilan, maka ini adalah ciri-ciri kandungan kuat,” imbuhnya.

Keenam, kata dia, tekanan darah dan kadar gula normal merupakan ciri-ciri kandungan kuat. Karena selama mengandung, tekanan darah dan kadar gula dalam tubuh sangat rentan mengalami fluktuasi.

“Jika terlalu tinggi, risikonya adalah terjadi preeklamsia hingga diabetes gestasional, sehingga harus dijaga dengan baik. Dengan pola hidup sehat, bersih dan jangan lupa mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran serta berolahraga ringan supaya bayi sehat,” tutupnya. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.