Kenalkan Bea Cukai kepada Generasi Milenial

16
0
Istimewa SOSIALISASI. Jajaran tim KPPBC Tipe Madya Pabean C Tasikmalaya foto bersama dengan mahasiswa usai acara Customs Goes To Campus di Unsil Senin (9/9). 

TASIK – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Tasikmalaya mengelar Customs Goes to Campus di Gedung Mandala Universitas Siliwangi (Unsil) Senin (9/9).

Kepala Subseksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Tasikmalaya Muhamad Ramdani mengatakan Customs Goes to Campus ini rutin digelar setiap tahun. Tujuannya mengenalkan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta memberikan wawasan terkait kepabeanan dan cukai kepada generasi-milenial, khususnya kalangan mahasiswa.

Kegiatan ini diawali dengan perkenalan profil kantor Bea Cukai Tasikmalaya, pemaparan materi dan sesi tanya jawab. Acara ditutup dengan games kahoot, para peserta begitu antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini. “Diskusi tanya jawab pun berjalan begitu hangat karena para mahasiswa sangat komunikatif dan aktif,” katanya.

Dalam acara tersebut Ramdani menerangkan tentang empat peran Direktorat Jenderal  Bea dan Cukai yakni industrial assitance yang bertugas untuk membantu kemajuan perkembangan serta melindungi industri dalam negeri dari persaingan global.

Selain itu, trade facilitator yang bertugas untuk memberikan fasilitas kemudahan bagi perdagangan dan industri. Terdapat pula fungsi community protector yang bertugas untuk melindungi masyarakat dari pemasukan barang yang merusak lingkungan dan yang mengganggu kesehatan. Terakhir, revenue collector yang bertugas mengumpulkan penerimaan negara yang berasal dari  pembayaran bea masuk dan pajak dalam rangka impor serta cukai.

“Kami percaya banyak mahasiswa Unsil yang sudah sering melakukan transaksi daring secara nasional maupun internasional, selain itu, bepergian dari luar negeri dengan membawa oleh-oleh aneka barang. Pelaksanaan kegiatan semacam ini, kami harapkan nantinya membuat para mahasiswa lebih memahami bagaimana seharusnya menjalankan hak dan kewajiban ketika membawa barang atau benda saat mereka dari luar negeri,” jelasnya.

Ramdani mengatakan, kegiatan Customs Goes to Campus ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan dan wawasan para mahasiswa dalam bidang Kepabeanan dan Cukai,” ujarnya. Selain itu, pengetahuan dan wawasan yang diperoleh mahasiswa diharapkan dapat dibagikan kepada masyarakat agar masyarakat semakin mengenal dan memahami mengenai tugas pokok dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.