Situ Gede Art Festival Digelar Besok

Kenalkan Budaya dan Sejarah Mangkubumi

309
0
Asep Rizal Asy’arie

TASIK – Komunitas Patih Mangkubumi akan menggelar Situ Gede Art Festival di Taman Andalusia Mangkubumi Kota Tasikmalaya Sabtu (23/2) mulai pukul 15.00. Patih Mangkubumi merupakan komunitas anak muda yang peduli terhadap budaya dan lingkungan alam.

Ketua Patih Mangkubumi Asep Rizal Asy’arie menuturkan Situ Gede Art Festival adalah agenda pertama yang dilaksanakan Patih Mangkubumi, di dalamnya akan menampilkan kesenian dan budaya tradisional yang ada di Kecamatan Mangkubumi. Kegiatan ini sekaligus merawat tatanan budaya yang ada di Situ Gede dalam konteks cerita Prabudilaya.

“Jadi kita akan mencoba melakukan cerita Prabudilaya ini dalam bentuk tari tematik dengan tema Babad Prabudilaya oleh komunitas tari yang ada di Kecamatan Mangkubumi yakni Sekar Manis. Selain itu sejarah tentang Situ Gede juga akan kita sampaikan, karena ini sebuah peradaban yang harus kita jaga,” terang Asep Rizal kepada Radar, Rabu (20/2).

Selain itu, tutur Asep Rizal, dalam kegiatan tersebut akan dilaksanakan balap rakit dan melukis dengan mengundang seniman Tasikmalaya. Kemudian pada malam harinya akan diisi dengan penampilan dari Sekar Manis, hadroh, karinding, pencak silat, sastra, kacapi, rampak kohkol, monolog, orasi patih, percusi dan lainnya.

“Jadi semua seni budaya yang ada di Kecamatan Mangkubumi akan kita tampilkan, tujuan utamanya ingin mengeksplor wisata Situ Gede ini sebagai wisata air, wisata religi dan agro karena banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan,” ungkapnya.

Lanjutnya, kegiatan ini juga menjadi stimulus agar Situ Gede ini bisa diangkat menjadi destinasi wisata Tasikmalaya. Namun, katanya, sampai saat ini perawatan dan penataannya masih belum maksimal. “Situ Gede ini ada di Kecamatan Mangkubumi, harapan kami pemerintah bisa menangkap potensi wisata Situ Gede ini, sehingga ke depan bisa menjadi ruang alternatif dan etalase budaya di Jawa barat,” ujarnya. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.