Kepala Desa Harus Steril sebagai Pengurus Partai Politik

98
0

SINGAPARNA – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) melayangkan surat imbauan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMDPAKB) Kabupaten Tasikmalaya terkait sterilisasi kepala desa dari kepengurusan partai politik.
Anggota Panwaslu Kabupaten Tasikmalaya Ahmad Aziz Firdaus mengatakan surat imbaun ini untuk memastikan Pemkab Tasikmalaya bahwa seluruh kepala desa tidak terlibat atau bahkan menjadi pengurus salah satu partai politik. “Kalau afiliasi boleh tidak jadi masalah, karena afiliasi merupakan urusan pribadi berbeda dengan menjadi pengurus,” paparnya kepada Radar, kemarin (21/11).
Maka dari itu, Pemkab Tasikmalaya harus turun ke lapangan untuk mensterilkan kepala desa dari kepengurusan partai politik. Jadi dinas harus berani menanyakan kepada kepala desa terkait kepengurusan partai politik. “Apabila ada yang terlibat menjadi pengurus parpol, harus ditekankan kepala desa tersebut untuk mengundurkan diri dari jabatan kepengurusan parpol kalau ingin memilih jabatan kepala desa,” terangnya.
Hasil pantauan Panwaslu, kata dia, dari 351 desa ada beberapa kepala desa yang terlibat atau menjadi pengurus partai politik. Bahkan ada kepala desa yang menjadi ketua partai politik di tingkat kecamatan. “Kami mengharapkan sebelum tahapan kampanye dimulai, sudah tidak ada lagi kepala desa yang terlibat menjadi pengurus partai politik,” tandasnya. (yfi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.