Kerahkan Anggota, Jamin Keamanan

18
CEK KESIAPAN. Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto bersama Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono mengecek kesiapan pengamanan Pemilu di lapangan Ciateul Kampung Ciawitali Kecamatan Tarogong Kidul Minggu (14/4). Yana Taryana / Rakyat Garut

TAROGONG KIDUL – TNI dan Polri akan memberikan rasa aman kepada masyarakat untuk bisa menyalurkan hak suaranya pada pelaksanaan Pemilu 17 April. Hal tersebut ditegaskan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

“Kolaborasi pengamanan yang diberikan TNI-Polri ini untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat,” ujar kapolda didampingi Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono saat mengecek kesiapan pengamanan Pemilu di Lapangan Ciateul Kampung Ciawitali Kecamatan Tarogong Kidul Minggu (14/5).

Untuk memberikan rasa aman, pihaknya bersama TNI sudah mengerahkan anggota melakukan pengamanan mulai dari masa tenang sampai pencoblosan dan penghitungan surat suara. “Sejak tadi malam (kemarin) kita sudah intensifkan patroli untuk menemui masyarakat. Alhamdulillah respon masyarakat bagus mendukung semua,” terngnya.

Agung menyatakan secara garis besar seluruh wilayah di Jawa Barat dalam kondisi aman terkendali. “Kami yakinkan masyarakat jika Polri di-backup penuh TNI, mengamankan dan kawal pesta demokrasi,” ujarnya.

Dengan adanya pengamanan, dia mengimbau dan mengajak masyarakat tidak khawatir menyalurkan aspirasinya di balik kotak suara pada 17 April. ”Kami Polri dan TNI siap mengamankan pelaksanaan Pemilu ini,” ujarnya.

Kapolda menerangkan jumlah anggota Polda Jabar yang dilibatkan mencapai 24.500 personel. Mereka dibantu anggota TNI sebanyak 10.450 personel. “Kami akan jaga terus hingga semua proses penghitungan suara selesai,” ujarnya.

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono menyatakan untuk menjaga keamanan pelaksanaan Pemilu, pihaknya siap mem-backup penuh kebutuhan keamanan. “Secara teknis kami ikuti kepolisian,” ujarnya.

Melihat kesigapan petugas di lapangan serta kondisi terkini di masyarakat, Tri optimis pelaksanaan Pemilu di Jawa Barat berlangsung aman. “Tidak ada yang akan ganggu Jawa Barat, saya lihat masyarakatnya sudah sadar hukum,” katanya.

Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna menambahkan untuk menciptakan wilayah yang kondusif, lembaganya terus melakukan safari pemilu ke seluruh wilayah hukumnya. “Sampai detik ini alhamdulillah Garut kondusif, kita akan terus berupaya menciptakan situasi itu,” paparnya. (yna)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.