Kerja dari Rumah, PNS Bisa Seperti Jurnalis

22
0
BEBERKAN. Menpan-RB Tjahjo Kumolo mengapresiasi rencana skema pegawai negeri sipil (PNS) bisa bekerja dari rumah. Menurut Tjahjo, hal ini bisa menentukan efektivitas pekerjaan abdi negara. faisal r syam / fin

JAKARTA – Skema Pegawai Negeri Sipil (PNS) bekerja dari rumah dapat sambutan positif dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Pola kerja PNS bisa disamakan dengan jurnalis, yang tak terikat waktu namun target tercapai tepat waktu.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan mengenai usulan PNS bekerja dari rumah, dirinya telah berbincang dengan Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa. Bahkan dia mengaku mengapresiasi ide tersebut. “Yang penting target waktunya tercapai dengan baik,” jelasnya di Redtop Hotel, Jakarta, Jumat (22/11).

Tjahjo ke­mu­di­an mencoba mem­bandingkan sistem kerja PNS dengan jurnalis yang tidak ter­ikat waktu. Me­nurutnya, tempat ker­ja bukan fak­­tor utama yang menentukan efektivitas sebuah pekerjaan.

“Teman-teman jurnalis juga kan kerja di mobil bisa, di rumah makan bisa, di kafe bisa, di rumah bisa. Mengirim berita tidak harus ke redaksi, bisa langsung lewat WA. Saya kira ASN juga sama,” tuturnya.

Dia menjelaskan setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) harus siap 24 jam, jika kebijakan PNS berkerja dari rumah jadi diterapkan. “Sama lah Anda (jurnalis). Anda apa ada jam tugas? Enggak dong. 24 jam jurnalis itu. Sama saja, enggak ada aturannya,” ucapnya.

Terkait penentuan kebijakan, dia menyatakan setiap kepala pemerintahan dan lembaga memiliki kewenangan masing-masing untuk mengatur sistem serta mekanisme kerja di instansinya.

Loading...

“Terserah. Setiap menteri mau punya aturan, setiap gubernur, setiap walikota, tujuannya baik. Mempercepat proses, mempercepat pengambilan keputusan, itu saja,” tegas dia.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut usulan tersebut sangat bagus. Terlebih teknologi informasi sudah . “Saya kira baik, sudah zamannya kok, kalau mereka bisa menggunakan teknologi informasi, kerjanya tidak hanya dari rumah tapi dari manapun,” katanya.

Dia mengatakan sudah saatnya bagi PNS yang bekerja mengurus administrasi diberikan ruang karena inovasi juga bisa memberikan efisiensi. “Tapi sistemnya disiapkan dulu, personel disiapkan dulu agar nanti tidak mubazir,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri PPN atau Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan pihaknya tengah menggodok skema Pegawai Negeri Sipil (PNS) bekerja dari rumah.

“Ada konsep kalau kerja lebih enak yang fleksibel kan, nah mungkin ge­nerasi-generasi ke depan juga akan dengan cara-cara seperti itu. Ja­di kenapa nggak kita akomodir,” ujar­nya usai rapat kajian bersama de­ngan Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu (20/11).

Dia mengatakan pihaknya bakal me­nguji coba konsep kerja itu pada 1 Ja­nuari 2020 mendatang oleh 1.000 PNS di lingkungan Bappenas. (gw/fin)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.