Kertas dan Bekas Kotak Suara Dilelang

94
0
SORTIR. Pegawai KPU Kabupaten Ciamis menyortir bekas surat suara dan kotak suara di Gudang KPUD di Jalan Jenderal Sudirman Kabupaten Ciamis Jumat (20/12). IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ciamis melelangkan kertas dan alumunium kotak suara bekas pemilu. Jumat (20/12) sekitar pukul 09.00, barang-barang itu disortir oleh pegawai KPUD Ciamis.

Ketua KPU Kabupaten Ciamis Dr H Agus Fatah Hidayat SIP MSi melalui Kasubag Keuangan Umum dan Logistik KPUD Ciamis Arif Hidayat menjelaskan bekas kotak suara dan kertas suara pemilu secara bertahap dilelangkan.

Bilik suara alumunium bekas pilpres dan pileg tahun 2004-2009 sudah dilelang 30 September 2019. Totalnya 19.502,36 kilo/ton.

Barang yang dilelang berikutnya yaitu surat suara pemilihan Gubernur 2018 sebanyak 4.724 kg/ton. Barang tersebut sudah dilelangkan dan sudah ada pemenang dan terjual.

“Kalau yang sekarang baru mau dilelangkan bekas Pemilu Bupati 2018 dan Pileg serta Pilpres 2019 yakni berupa kotak suara kardus dan surat suaranya. Uang hasil lelang yang diperkirakan kurang lebih di bawah Rp 1 miliaran itu, semuanya ke kas negara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL),” kata Arif.

Barang-barang yang saat ini akan dilelangkan, kata Arif, dalam tahap pemilahan. Barang-barang tersebut disimpan di aula Gedung KPUD Ciamis dan di Gedung Kesenian Ciamis.

“Saat ini kita tahap proses pemilahan, memisahkan kertas, plastik dan sebagainya serta menyusunnya dengan rapi,” ucapnya.

Penyortiran barang-barang yang akan dilelang itu, kata dia, sambil menunggu proses lelang. Sehingga bila ada pemenangnya, setidaknya tidak ada lagi menumpuk barang di KPU. “Karena kalau dilamakan takut rusak kena air, sehingga kurang bagus kualitasnya nantinya,” ujarnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.