Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

Kerugian Bencana Ditaksir Rp 10 M

110
0
RETAK. Aparat Desa Tanjungsari Kecamatan Rajadesa menunjukkan rumah yang retak bagian dindingnya akibat pergerakan tanah.

CIAMIS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis akan menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan pemerintah untuk menyikapi bencana yang melanda belakangan ini. Rakor akan digelar di Setda Kabupaten Ciamis sekitar pukul 13.00.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis Ani Supiani mengatakan bencana alam menerjang 10 kecamatan secara berantai selama bulan Februari. Antara lain Kecamatan Rajadesa, Cidolog, Tambaksari, Cihaurbeuti, Panumbagan, Sukamantri, Cipaku, Pamarican, Rancah dan Panawangan. Bencana yang terjadi antara lain banjir, longsor, pergerakan tanah dan puting beliung.
“Untuk total kerugian, sementara ini kita ketahui mencapai sepuluh miliar,” ungkap Ani saat ditemui di Ruang Kerjanya Senin (26/2).

Dia memaparkan dari kajian geologi, wilayah-wilayah tersebut merupakan zona merah bencana pergerakan tanah. Hal itu disebabkan kondisi tanah yang gembur dan labil. Ketika hujan turun secara terus menerus, air mudah meresap ke dalam tanah dan menyebabkan tanah merekah kemudian bergeser.

Dia mengimbau masyarakat yang tinggal di perbukitan untuk tidak membuat kolam. Hal itu menjadi salah satu penyebab terjadinya pergerakan tanah. Begitu juga dengan pembuangan air hujan di sekitar rumah. Harus dipastikan mengalir dengan baik ke wilayah yang lebih rendah dan tidak meluber kemana-mana.

“Untuk itu masyarakat yang memang rumahnya berada di perbukitan, harus lebih meningkatkan kewaspadaan di musim hujan,” katanya.

Dia pun mengimbau warga yang rumahnya terancam untuk segera mengungsi. Sejauh ini, BPBD juga menyiagakan anggota selama 24 jam di berbagai lokasi untuk mengantisipasi terjadinya bencana.
Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan dari pantauan petugas, tanah di Blok Ciherang Dusun Karoya RT 02/ 03 Desa Tanjungsukur Kecamatan Rajadesa sampai kemarin masih terus bergerak. Dia pun menyarankan masyarakat untuk segera mengungsi. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.